Home » » Istilah-Istilah Pada Profesi Guru

Istilah-Istilah Pada Profesi Guru

Posted by cuapguru on Wednesday, August 1, 2018

guru
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Apa kabar sahabat semuanya? Semoga selalu dalam kebaikan. Oh ya, omong-omong, sahabat pernah dengar tidak istilah-istilah pada profesi guru seperti NUPTK, Sertifikasi, Tunjangan Profesi, dan lain-lain? Kadang ada yang bertanya terkait kepanjangan dan maksud dari istilah-istilah itu. Untuk mengenali apa saja istilah yang berkaitan dengan profesi guru, mari kita lihat bersama berikut ini.

1. GBPP
Merupakan singkatan dari Garis-Garis Besar Program Pengajaran

2. GGD
Guru Garis Depan. Merupakan guru PNS yang ditugaskan untuk mendidik di daerah 3T.

3. GTT
Guru tidak tetap adalah guru yang diangkat oleh kepala sekolah

4. GTY
Guru tetap yayasan. Merupakan guru yang diangkat oleh yayasan.

5. Info GTK
Info GTK adalah kumpulan data guru dan tenaga kependidikan yang dapat diakses oleh guru. Info ini didapat melalui aplikasi dapodik. Dan hanya berlaku 6 bulan.NUPTK

6. Jarti
Jarti adalah singkatan dari pengajar pengganti. Pengajar pengganti adalah guru yang ditugaskan sementara untuk menggantikan guru yang sedang mengikuti PPG atau PGDK. Jarti adalah program untuk daerah khusus.

7. NUPTK
adalah singkatan dari "Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan". NUPTK ini diberikan kepada guru apabila telah mengajar selama dua tahun atau lebih. Dan, NUPTK ini diterbitakan oleh Pusat Data Statistik Pendidikan dan Kebudayaan dari Kemendikbud.

8. NRG
NRG adalah singkatan dari Nomor Registrasi Guru. Yaitu nomor yang dikeluarkan Kemendikbud untuk menjadi identitas seorang guru yang telah memiliki sertifikat pendidik.

9. PPG
PPG adalah singakatan dari Pendidikan Profesi Guru yang diselengarakan untuk melatih lebih lanjut seorang sarjana kependidikan agar menjadi guru yang profesional. Dalam pendidikan profesi guru ini, pelajaran yang dilatihkan kepada para sarjana adalah kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Yaitu kompetensi, profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial.

10. PKG
PKG yang merupakan singkatan dari penilaian kinerja guru merupakan penilaian terhadap guru atas pelaksanaan tugasnya sebagai guru. Penilaian ini dilakukan di saat pembelajaran sedang berlangsung.

11. PKB
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah program yang dilaksanakan untuk meningkatkan keprofesionalitasan seorang guru. Contohnya, kegiatan pelatihan, pendidikan, pegembangan diri, atau pun kegiatan kolektif guru.

12. PTK
PTK merupakan singkatan dari Penelitian Tindakan Kelas. PTK adalah penelitian yang dilaksanakan oleh guru yang menemukan suatu permasalahan di dalam kelas yang diampunya. PTK bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran pada peserta didik.

13. Sertifikasi
Sertifikasi adalah program pemerintah untuk menguji kelayakan guru sebagai pendidik yang profesial. Kemudian, guru yang telah teruji layak akan diberikan sertifikat pendidik. Yang sertifikat pendidik tersebut pun berlaku sesuai dengan syarat dan ketentuan tertentu.

14. SKTP
SKTP adalah singkatan dari Surat Keputusan Tunjangan Profesi. SKTP diterbitkan oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan atas nama Mendikbud setiaap per enam bulan berdasarkan usulan dinas pendidikan.

15. SM3T
Sarjana Mendidik di daerah Terdepan Terluar Tertinggal. Merupakan guru muda yang bertugas selama satu tahun di daerah 3T. 

16. Tunjangan Profesi Guru
Tunjangan profesi guru adalah tunjangan yang diberikan kepada guru yang telah memiliki sertifikat pendidik. Tunjuangan profesi ini dapat diberikat dengan syarat dan ketentuan. Juga, tunjangan ini dikenai pajak.

17. UUGD
Merupakan singkatan dari Undang-Undang Guru dan Dosen

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email