Home » » Cara Meningkatkan Hasil Tes TOEFL

Cara Meningkatkan Hasil Tes TOEFL

Posted by cuapguru on Sunday, July 29, 2018

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Apa kabar teman-teman semua? Semoga selalu dalam berkah dan lindungan Allah. Kali ini www.cuapguru.com ingin berbagi tips bagaimana meningkatkan hasil tes TOEFL. Sebelumnya, sudah pada tahu, kan?  Tes TOEFL itu apa?

TOEFL adalah singkatan dari Test of English as Foreign Language. Merupakan cara untuk mengetes kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris. Yang kemudian hasil TOEFL sekarang ini menjadi prasyarat dalam berbagai hal. Contohnya, sebagai prasyarat lulus kuliah, sebagai prasyarat untuk dapat beasiswa, sebagai prasyarat untuk pertukaran pelajar, juga sebagai prayarat untuk mencari kerja di beberapa instansi yang mensyaratkan skor TOEFL dengan skol minimal tertentu.

Apa saja yang diujikan dalam Tes TOEFL?

  • listening
  • Reading
  • Grammar

Nilai maksimum Hasil Tes TOEFL adalah 677.

Apa yang sebaiknya dilakukan agar hasil tes menjadi baik? Tentu saja dengan mempelajari poin yang akan diujikan tersebut. Namun bagaimana jika sudah belajar dan hasil tes tidak seperti yang diharapkan? Bagaimana cara meningkatkan hasil tes. Berikut beberapa tipsnya.

1. Listening
Bagaimana cara belajar listening selama ini? Apakah dengan menonton film atau mendengarkan lagu bahasa Inggris? Sebaiknya tidak menggunakan cara tersebut. Karena kalau film tentu saja fokus terbagi antara menterjemahkan apa yang dilihat dengan mendengarkan. Sedangkan lagu biasanya fokus terbagi dengan keindahan suara dan musik yang mengiringinya.

Lebih baik untuk meningkatkan kemampuan mendengar adalah dengan mendengarkan mp3 book.  Yang mp3 book ini sangat banyak di internet. Penyedia mp3 book juga memperbolehkan mp3 tersebut untuk didonwnload secara gratis. Jenis buku yang tersedia juga banyak, sehingga kita bisa memilih buku apa yang menarik untuk kita.
bahasa inggris
sumber gambar: librivox.org
Meningkatkan kemampuan mendengar dengan mp3 book lebih tepat dikarenakan fokus kita adalah langsung terhadap pesan dari apa yang kita dengar. Kita pun seperti mendengarkan cerita sehari-hari. Seperti mendengarkan percakapan di lingkungan sehingga lebih natural. Sangat berbeda dengan mendengarkan lagu yang fokus terbagi untuk musik dan keindahan suara penyanyi.

mp3 book ini juga bisa kita gunakan sebagai sarana menambah ilmu. Karena ada banyak sekali buku dengan genre yang berbeda. Plus, mp3 nya bisa dibawa kemana-mana. Sebanyak mungkin mendengarkan mp3 book ini. Maka insyaallah kemampuan mendengar nanti akan jauh meningkat. 

Walaupun kita kurang mengerti atau pun tidak mengerti sama sekali dengan apa yang kita dengarkan. Tidak lah menjadi masalah. Asalkan kita selalu gigih mendengarkannya. Karena yang terpenting adalah pembiasaan terhadap suara atas kata dalam bahasa tersebut.

Jadi sistemnya seperti pembelajaran bayi yang baru lahir. Kita berada di fase beradaptasi, mengenali dan mengumpulkan informasi. Sehingga walau seakan kita tidak mengerti apa-apa, sesungguhnya disaat yang bersamaan, otak kita sedang mempelajari suara bahasa tersebut. Dan lama kelamaan kita akan pandai. Kemudian kemampuan mendengar akan meningkat secara tak sadar.

Berikut daftar situs penyedia mp3 book:
https://librivox.org/
http://www.loyalbooks.com/
https://www.overdrive.com/
https://www.learnoutloud.com/
http://www.openculture.com/freeaudiobooks
https://www.storynory.com

2. Reading
Untuk kemampuan grammar, juga tergabung dalam kemampuan reading dalam peningkatan keterampilannya. Hal ini dikarenakan keistimewaan membaca. Semakin banyak membaca, kemampuan grammar juga akan semakin meningkat. Sedangkan kemampuan reading dalam hal ini kemampuan menyimpulkan bacaan dan kecepatan membaca juga tentu meningkat.

Sekilas keistimewaan membaca dalam Al Quran

اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِيْ خَلَقَ
iqro` bismi robbikallazii kholaq
"Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan,"
(QS. Al-'Alaq 96: Ayat 1)

اِقْرَأْ وَرَبُّكَ الْاَكْرَمُ
iqro` wa robbukal-akrom
"Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Mulia."
(QS. Al-'Alaq 96: Ayat 3)

الَّذِيْ عَلَّمَ بِالْقَلَمِ
allazii 'allama bil-qolam
"Yang mengajar (manusia) dengan pena."
(QS. Al-'Alaq 96: Ayat 4)

Membaca memang merupakan kemampuan yang istimewa, bukan? Begitu juga dalam hal cara meningkatkan hasil tes TOEFL. Memperbanyak membaca adalah cara terbaik dalam meningkatkan hasil tes TOEFL.

Omong-omong, sebaiknya bacaan yang ditingkatkan adalah berita atau artikel terbaru. Karena bahasa yang digunakan adalah bahasa keseharian dan bhasa terkini. Jika membaca teks cerita lama (dongeng/ novel/ cerpen) akan kurang seefektif membaca berita atau artikel terbaru. Namun tentu tetap sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa.

Berikut beberapa situs sumber berita atau artikel yang bisa dikunjungi:
https://en.antaranews.com/
http://www.thejakartapost.com
http://www.go-articles.com/
http://www.articledashboard.org/
https://www.articlecube.com/
https://www.isnare.com/
http://www.articlealley.com

Semoga meningkatnya hasil tes TOEFL menjadi kebaikan dan ilmu yanag dimiliki menjadi keberkahan.

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. Menambah dan meningkatkan toefl adalah suatu kewajiban,jika ingin bersaing di dunia saat ini, secara perusahaan2 besar selalu memberikan syarat toefl tinggi untuk hanya sekedar seleksi administrasi untuk masuk ke perusahaan tersebut

    ReplyDelete

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email