Home » » Sekolah Kejuruan Mendukung Revolusi Industri

Sekolah Kejuruan Mendukung Revolusi Industri

Posted by cuapguru on Sunday, June 3, 2018


kejuruan

Masa demi masa telah dilalui oleh bangsa ini, kepemimpinan pun silih berganti. Membandingkan dengan berbagai bangsa yang dekat dengan kita di kawasan asia tenggara, bangsa ini termasuk memiliki proses yang lambat jika dilihat dari umur negara ini yang hampir mencapai 73 tahun. Pertanyaanya mau sampai angka keberapa barulah bangsa ini memperlihatkan kemajuan berarti. Macan asia yang tertidur itu akankah mengalami tidur yang nyenyak sehingga musim berganti tak juga kunjung bangun.

Salah satu permasalahan pokok yang dimiliki bangsa ini adalah masalah mental.  Mental perlu dibina dari dasar, peran sekolah –sekolah yang memberikan kecakapan hidup perlu didukung, agar anak – anak bangsa ini memliki mental dasar dalam menghadapi revolusi industri dunia agar bangsa mengalami kemajuan yang berarti. 

Pendidikan mental industri sudah selayaknya dimasukkan kedalam kurikulum sekolah – sekolah kejuruan, supaya nantinya para lulusan tidak hanya memiliki mental pekerja kasar tetapi memiliki mental dalam mengawal kemajuan industri bangsa ini. Dengan adanya dasar yang diajarkan di sekolah kejuruan, setidaknya anak-anak bangsa sudah memiliki kemampuan untuk berkarya, tinggal mental pantang menyerah dan berani mencoba terus walaupun gagal. 

Sifat kreatif anak bangsa juga harus bisa dipancing oleh para pendidik di sekolah kejuruan, dari itu pemerintah saat ini perlu memperhatian kualitas dan kuantitas dari sekolah kejuruan atau kita mengenalnya dengan sekolah menengah kejuruan (SMK). Pembinaan mental dasar untuk menyongsong revolusi industri pun akan berjalan ditempat jika sekolah kejuruan tidak memiliki kualitas yang mumpuni , supaya sekolah kejuruan menjadi favorit dan selalu menjadi pilihan setiap tahun ajaran baru sekolah, kualitas yang dimiliki sekolah kejuruan adalah sebagai berikut :

    1. Sumber daya manusia yang kreatif dan mumpuni
Sumber daya manusia disini adalah sekolah kejuruan harus memiliki pendidik dan tenaga kependikan yang baik dan kreatif dalam mengembangkan pembelajaran bagi anak – anak bangsa yang diharapkan jadi tonggak kemajuan bangsa. Peralatan dan sarana yang lengkap akan sia-sia jika yang mengopesasikan tidak mumpuni atau tidak bisa sama sekali dalam mengoperasikannya. Disini sangat dibutuhkan tenaga yang ahli dan bisa mengembangkan suatu hal baru dari peralatan – peralatan dasar yang telah ada. Pendidik harus bisa merangsang kreatifitas siswa dalam berkarya, bukan hanya sekedar mengajarkan untuk mengoperasikan yang telah ada saja, tetapi menciptakan hal baru juga bukannya merakit yang telah tersedia. Tuntutan zaman seperti inilah yang harus memerelukan perhatian lebih para pemimpin bangsa jika memang menginginkan revolusi industri. 

2. Fasilitas dan prasarana pendukung jurusan
Alat – alat nyata sangat diperlukan dalam mendukung kreatifitas para siswa, setidaknya mereka nantinya bisa meniru proses kerja suatu alat dan barulah bisa menciptakan sesuatu yang baru dari alat itu. Fasilitas dan prasarana haruslah lengkap jika sumber daya manusia yang kreatif dan mumpuni telah tersedia, akan sia-sia memiliki pendidik yang handal jika fasilitas tidak lengkap. Sekolah kejuruan akan memiliki kualitas yang baik jika fasilitas penunjang dan prasarana yang dimiliki lengkap.


3. Akreditasi perjurusan dan sekolah
Dua pokok permasalahan diatas adalah penentu tolak ukur dari akredasi ini, akreditasi selama ini dianggap sebagai tingkatan kualitas dari suatu institusi, jika akreditasi yang dimiliki setiap jurusan pada sekolah kejuruan sudah sangat baik dan merata tentunya setiap anak bangsa tidak akan ragu dalam memilih sekolah kejuruan demi menyambut revolusi industri. 

4. Pendidikan mental kejuruan dan kepemimpinan
Pada umumnya setiap lulusan sekolah kejuruan memiliki pilihan untuk bekerja sesuai jurusannya atau tidak, namun dalam proses pembelajarannya setiap lulusan harusnya telah dibina mentalnya untuk memiliki keberanian untuk memasuki dunia industri dengan rasa percaya diri yang kuat, agar nantinya tidak hanya mengharapkan jadi pekerja pengoperasian namun memiliki pengaruh penting dalam perkembangan dunia industri tersebut. Maka dari itu perlu diadakannya pendidikan mental kejuruan dan kepemimpinan didalam kurikulum sekolah kejuruan.

Itulah kira-kira yang dapat dipertimbangkan demi terwujudnya prestasi demi prestasi anak bangsa dalam bersaing dengan bangsa lain nantinya.

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

1 komentar:

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email