Bagaimana cara sertifikasi guru

Bagaimana cara sertifikasi guru

Apa itu sertifikasi guru?
Sertifikasi adalah program pemerintah untuk memperbaiki mutu pendidikan melalui perbaikan kualitas guru. Sertifikasi dimaksudkan untuk menjadikan guru sebagai guru profesional yang dibuktikan dengan sertifikat pendidik.

Bagaimana guru yang profesional itu?
Guru yang profesional adalah guru yang menguasai empat kompetensi guru, yaitu:
1.    Kompetensi profesional
Menguasai kompetensi profesional berarti menguasai bidang profesi. Misalnya guru mata pelajaran matematika, maka harus menguasai materi pelajaran matematika.

2.    Kompetensi pedagogik
Menguasai kompetensi pedagogik berarti menguasai bidang ilmu kependidikan. Seperti teori belajar, teori mengajar, membuat perangkat pembelajarn, dan evaluasi hasil belajar.

3.    Kompetensi kepribadian
Menguasai kompetensi kepribadian berarti memiliki kepribadian yang baik sesuai dengan profesi guru. Memiliki kepribadian yang pantas digugu dan ditiru.

4.    Kompetensi sosial
Menguasai kompetensi sosial berarti berinteraksi dengan baik terhadap lingkungan, terhadap peserta didik, sesama guru, dan semua yang bekerja di lingkungan sekolah, serta masyarakat sekita dan wali peserta didik.

Bagaimana cara mendapatkan sertifikat pendidik?
Dulu
Di awal adanya program sertifikasi guru, guru yang memiliki banyak prestasi lah yang mendapatkan sertifikat pendidik. Semua guru pada tahun 2008 diminta ikut seleksi administrasi dengan mengumpulkan fortofolio dari berbagai prestasi yang pernah didapatkan. Forto folio bisa berisi sertifikat, piagam penghargaan, dan SK mengajar. Selain melihat prestasi juga melihat pengalaman mengajar guru.

Pada tahun 2009, diadakan seleksi gelombang kedua. Diseleksi dengan cara yang sama dengan sertifikasi tahun sebelumnya. Yang lolos sertifikasi adalah guru yang memang memiliki banyak prestasi dengan pengalaman mengajar yang sudah sangat panjang.

Setelah program sertifikasi dua gelombang dengan portofolio, tahun berikutnya sistem berubah. Sistem sertifikasi guru adalah dengan pemberian pembekalan. Guru-guru yang belum lulus sertifikasi dua gelombang pertama diberikan pembekalan. Kemudian barulah diberikan sertifikat pendidik.

Sekarang
Sekarang, untuk mendapatkan sertifikat pendidik adalah dengan mengikuti  program Pendidikan Profesi Guru (PPG). PPG diselenggarakan dibeberapa Universitas (LPTK) yang ditunjuk sebagai penyelenggara. Lamanya PPG adalah satu tahun. Sekarang pun PPG terbagi menjadi beberapa jenis:

1.    PPG dalam jabatan
Peserta PPG ini adalah guru yang sedang dalam masa tugas mengajar.

2.    PPG-SM3T
Peserta PPG ini adalah para sarjana yang sudah mengikuti program SM3T. SM3T adalah program mengajar ke daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal). PPG ini adalah beasiswa dari pemerinta secara penuh. Dan peserta PPG wajib tinggal di asrama.

3.    PPGT
PPGT adalah singkatan dari program pendidikan guru terpadu. Peserta PPG ini adalah putra-putri daerah 3T yang berprestasi. Mereka mendapatkan beasiswa penuh dari pemerintah. Dan dikuliahkan sedari S1.

4.    PPGT SMK Kolaboratif
PPG ini adalah program khusus untuk calon guru SMK.

         5.  PPG Bersubsidi
PPG bersubsidi adalah program bantuan pemerintah dalam percepatan sertifikasi guru. Peserta PPG ini mendapatkan bantuan biaya kuliah.

         6.  PPG Reguler
PPG reguler adalah program PPG umum yang bisa diikuti oleh siapa saja. Tidak ada aturan peserta khusus. Dan semua biaya ditanggung peserta sendiri. Biaya kuliah sekitar 7 jt per semester. Peserta PPG ini juga bisa dari sarjana non kependidikan.

Sistem PPG
Sistem dalam PPG ada dua, yaitu blok dan non blok. Sistem blok adalah sistem bagi dua waktu antara workshop dan praktik lapangan. Pada sistem blok, workshop dilaksanakan di semester pertama, kemudian semester kedua adalah praktik mengajar. Sistem non blok adalah sistem campuran, dimana workshop dan praktik lapangan dilaksanakan sejalan.

Pada saat workshop, peserta PPG belajar membuat perangkat pembelajaran dan belajar mengajar. Saat praktik lapangan, peserta PPG wajib membuat penelitian tindakan kelas.

Diakhir masa program, peserta PPG mengikuti Ujian Kompetensi Mahasiswa (UKM) yang dilaksanakan secara terpusat. Soal UKMPPG mencakup empat kompetensi guru, yaitu kompetensi kepribadian, sosial, profesional, dan pegagogik. Nilai standar kelulusan adalah 76.

Jika dinyatakan lulus, barulah peserta PPG bisa mendapatkan sertifikat pendidik. Sertifikat didik ini adalah bukti peserta telah tersertifikasi. Bagi peserta yang belum lulus, akan ada ujian ulang. Ujian ulang diselenggarakan tiga kali dalam satu tahun.

0 Response to "Bagaimana cara sertifikasi guru"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel