Home » » Belajar Bahasa Inggris Santai dengan Aplikasi Android

Belajar Bahasa Inggris Santai dengan Aplikasi Android

Posted by cuapguru on Thursday, November 1, 2018

Assalamualaikum Wr. Wb
www.cuapguru.com_ Belajar bahasa Inggris memang sudah merupakan bagian yang tak terpisahkan di dunia pendidikan. Bahasa Inggris yang sudah lama menjadi pelajaran wajib di sekolah-sekolah menjadi pelajaran yang sangat akrab. Namun, pada kenyataannya banyak yang masih merasa perlu menambah jam belajar bahasa Inggris selain di sekolah.

Ada banyak lembaga kursus bahasa yang menawarkan bimbingan belajar bahasa Inggris. Kursus bahasa Inggris ada di mana-mana. Kursus bahasa Inggris biasanya juga menawarkan keperluan khusus calon pembelajar di lembaga kursusnya. Apakah ingin belajar bahasa inggris karena ingin menambah skor TOEFL? Atau ingin memperlancar berbicara dalam bahasa Inggris? Atau untuk meningkatkan nilai bahasa Inggris di sekolah? Dan banyak lagi alasan khusus lainnya yang bisa diakomodir lembaga kursus. 

Tetap saja, kadang mengikuti lembaga kursus sedikit sulit. Mungkin mudah bagi sebagian orang menjadwalkan waktu untuk kursus. Tapi ada juga sebagian orang yang merasa kesulitan menyediakan waktu untuk kursus. Apalagi kalau kita membahas masalah biaya kan ya? Biaya kursus mulai dari sekian sekian... dengan jumlah pertemuan sekian..sekian..

Kalau kamu termasuk orang yang menginginkan belajar bahasa Inggris dengan santai, tidak perlu menjadwalkan khusus untuk ikut kursus, atau menganggarkan khusus untuk kursus, kamu bisa belajar dengan memanfaatkan smartphone yang kamu miliki. Ada banyak aplikasi-aplikasi belajar bahasa Inggris yang tersedia di playstore untuk hape android kamu. 

Saya pribadi menyukai cara santai belajar bahasa Inggris dengan aplikasi android. Ada beberapa aplikasi belajar bahasa inggris yang pernah saya gunakan. Salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris itu pernah saya bahas di tulisan belajar asik dengan hello english. Dan kali ini saya ingin menunjukkan aplikasi lain yang saya anggap recommended untuk dipakai belajar.


Yang pertama, ada aplikasi Reading TOEFL. Aplikasi ini dapat diunduh di playstore. Aplikasi ini ditawarkan oleh paprika studio yang developernya berasal dari Aceh. Aplikasi ini dikhususkan untuk belajar bahasa Inggris dalam meningkatkan kemampuan membaca. Dimaksudkan agar kemampuan membaca dapat meningkatkan hasil reading toefl test. Aplikasi ini pertama di rilis pada 22 februari tahun 2015.

Menu yang ada di aplikasi:

-today's word
berisi beberapa kata yang muncul secara acak setiap harinya. Kata-kata tersebut dilengkapi dengan arti, cpntph kalimat, catatan, dan penjelasan mengenai termasuk jenis kata apa tersebut.

-practice vocabulary
berisi pilihan latihan-latihan kosakata seprti latihan sinonim, fill in the gaps, choose the right words, dan word substitution.

-practice reading
berisi latihan menjawab soal berdasarkan bacaan. Bacaannya merupakan teks dengan konten yang menantang. Setelah menjawab soal, kita bisa mengecek benar salahnya jawaban kita. Kemudian juga bisa melihat sedikit penjelasannya.

-test
berisi beberapa soal yang harus dijawab dengan alokasi waktu yang ditentukan. Jadi memang bertujuan seperti dalam situasi tes. Setelah semua soal selesai, baru kemudian diberikan hasil skore dan penjelasan mengenai jawaban mana yang salah dan seperti apa seharusnya yang benar.


Yang kedua, ada aplikasi english pills. Aplikasi ini diibaratkan oleh pengembang sebagai pil obat. Obat dalam menambah kemampuan memahami bahasa Inggris. Berbeda dengan aplikasi toefl reading tadi, aplikasi ini meminta kita membuat akun. Kemudian kita masuk ke dalam sistem belajar. Kita memulai dari level satu. Aplikasi ini terhubung dengan Internet sehingga kita bisa melihat juga orang lain yang juga menggunakan akun di aplikasi belajar ini.

Menu yang ada di dalam aplikasi belajar ini adalah:
-Jokes
-Proverb
-Riddles
-Tongue-twister
-Idiom
-Quotes
-Murphy's law
-Symbol
-Adjectives
-Oxymora
-Palindromer
-Abbreviation
-Silent letters
-Philosophical Question
-Pharasal verbs
-Irregular verbs

Di setiap menu tersebut ada penjelasan singkat pada permulaan halaman menunya. Kemudian aplikasi menyuguhkan materi-materi tentang menu tersebut. Materi yang diberikan bertahan sedikit-demi sedikit. Misalnya kita pilih menu jokes, maka akan muncul penjelasan jokes itu apa. Kemudian kita next. Lalu mulai ada contoh jokes simple. Kita bisa memilih untuk mendengar suara bacaan teks dengan ketuk tombol speaker. Kalau kita mau lanjut ke contoh lain, tinggal next lagi ke halaman berikutnya.

Itulah aplikasi-aplikasi belajar bahasa Inggris yang ingin saya ceritakan kali ini. Dua aplikasi yang sangat mudah didapatkan. Hanya dengan download di playstore. Kemudian bisa belajar bahasa Inggris atau meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan cara yang santai. Semoga bermanfaat. 

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. Bagus sekali bahasan nya, sesuai zaman dan menjawab tantangan milenial, semua sekarang serba aplikasi mobile, dan yang populer adalah android

    ReplyDelete

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email