Home » » Tenses Sebagai Poin Dasar Grammar Bahasa Inggris

Tenses Sebagai Poin Dasar Grammar Bahasa Inggris

Posted by cuapguru on Monday, October 22, 2018

tenses

Assalamualaikum Wr. Wb.

www.cuapguru.com_ Dalam grammar Bahasa Inggris, tenses merupakan salah satu poin dasar berbahasa. Tenses adalah suatu metode dalam menjelaskan waktu pada kalimat. Sehingga, tenses bisa menjadi penunjuk waktu yang jelas atas kapan terjadinya sesuatu. Misalnya, penutur kalimat ingin menyampaikan sesuatu yang sedang terjadi, maka tenses yang digunakan akan continuous. Kemudian jika penutur hendak menunjukkan bahwa sesuatu akan terjadi, maka tenses yang digunakan adalah future.

Berikut contoh dalam kalimat:

1. Zefy is cooking. (Zefy sedang memasak) tenses nya adalah continuous

2. Zefy will cook. (Zefy akan masak) tenses nya adalah future

Perlu diperhatikan, bahwa dalam Bahasa Inggris terdapat beberapa tenses. Dan setiap tenses memiliki suatu ciri khas. Dengan kata lain, setiap tenses adalah berbeda bentuknya, berbeda strukturnya, berbeda aturannya. Sehingga, dalam setiap tenses ada yang namanya "formula".

Contoh formula:

Formula untuk tenses continuous

Subject     to be     Verb+ing

catatan: tenses continuous adalah tenses yang menunjukkan waktu "sedang". Yakni kalimat menjelaskan sesuatu sedang terjadi. Sehingga jika kita ingin menjelaskan bahwa Zefy sedang memasak. Maka Bahasa Inggrisnya adalah Zefy is cooking (Subject to be Verb+ing).

Berikut beberapa tenses dasar dalam Bahasa Inggris:

1. Simple Present Tense
formula:

Subject  verb   

2. Present Continuous tense
formula:

Subject     to be     verb+ing

3. Simple Past Tense
formula:

Subject   verb2

4. Simple Future Tense
formula:

Subject  will  verb

Simple present tense adalah tense yang tidak memiliki waktu spesifik. Bisa dikatakan bahwa kalimat ini kalimat umum yang memang tidak perlu menunjukkan waktu secara lebih rinci. Misalnya, Zefy memasak kue.

Presentt continuous tense adalah tense yang menjelaskan sesuatu sedang terjadi. Misalnya, Zefy sedang memasak kue. 

Simple past tense adalah tense yang menjelaskan sesuatu yang sudah terjadi. Sudah terjadi tadi, kemarin, atau lama dimasa lalu. Misalnya, Zefy tadi memasak kue.

Simple future tense adalah tense yang menjelaskan sesuatu yang akan terjadi. Misalnya, Zefy akan memasak kue.

Itulah tenses dasar dalam grammar Bahasa Inggris. Dan selain tenses, juga ada clauses sebagai bagian poin dasar dalam grammar, clauses adalah sekumpulan kata yang telah memiliki arti lengkap. Arti lengkap dalam arti memiliki subjek dan memiliki kata kerja. Clauses ada yang bisa berdiri sendiri ada juga yang tidak bisa berdiri sendiri. Dengan kata lain ada yang telah memilki arti cukup seperti halnya sebuah kalimat utuh. Namun clauses ada yang perlu ditambahkan dengan kata lain sehingga barulah menjadi kalimat utuh. Contohnya seperti berikut:

Siti eats.
(Siti makan)
Siti= subjek       eats= kata kerja

contoh seperti ini adalah contoh clause yang bisa berdiri sendiri. Karena kalimat " Siti eats" sudah memiliki makna utuh yang dianggap lengkap. Dianggap lengkap karena sudah ada subjek, sudah ada kata kerja, dan kalimat jelas menunjukkan bahwa subjek sedang melakukan suatu aktifitas. 

Sedangkan contoh berikut:

what Siti eats.
(yang siti makan)

contoh seperti ini adalah contoh clause yang tidak dapat berdiri sendiri meskipun juga telah memilki sebuah subjek dan sebuah kata kerja. Akibat dari adanya kata "yang" sebelum kata Siti makan, maka clausa  menjadi sebuah kumpulan kata yang memerlukan kata lain lagi agar menjadi memiliki makna utuh sebagai sebuah kalimat. 

misalnya:
Shella looks at what Siti eats.
(Shella memperhatikan apa yang Siti makan)

setelah ditambahkan dengan kata Shella looks at, barulah menjadi sebuah kalimat utuh. Meskipun kata Siti dan eats sudah merupakan rangkaian subjek dan kata kerja, namun tetap tidak bisa berdiri sendiri diakibatkan adanya kata "what" sebelum kata Siti eats. Adanya kata "what" sebelum kata Siti eats jelas mengubah makna "Siti eats" menjadi sebuah clause yang memerlukan penambahan kata lain lagi sehingga memiliki makna yang utuh.

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email