Home » » Part of Speech, Determiners, Gerund

Part of Speech, Determiners, Gerund

Posted by cuapguru on Thursday, October 25, 2018


Assalamualaikum Wr. Wb

www.cuapguru.com_ Part of Speech merupakan bagian dalam grammar bahasa Inggris yang penting dipahami selain yang telah dibahas sebelumnya mengenai tenses dan clauses.  Dalam grammar bahasa Inggris tentunya ada beberapa bagian dari parts of speech. Parts of speech itu adalah bagian-bagian yang membentuk suatu ujaran. Contoh: adanya kata benda, adanya kata kerja, adanya kata sifat, adanya kata keterangan, adanya kata seru, kata tanya, dan dain-lain. Dengan kata lain, parts of speech ialah fungsi suatu kata dalam sebuah ujaran. 

Sebuah kata bisa berfungsi sebagai kata benda, baik yang dijelaskan atau benda yang mendapat perlakuan dan sebagainya. Sebuah kata bisa berfungsi sebagai kata kerja yang menunjukkan apa aktifitas yang dilakukan. Sebuah kata bisa berfungsi sebagai kata keterangan sebagai penambah penjelasan suatuu ujaran. Kemudian sebuah kata bisa berfungsi sebagai penghubung yang menghubungkan dua kata atau dua kalimat. Begitulah parts of speech. Bagian-bagian dari sebuah ujaran yang memiliki kedudukan fungsinya masing-masing.

Berikut beberapa parts of speech.

1. Noun
Noun = Kata Benda
Yang dimaksud dengan kata benda bisa berupa nama orang, nama tempat, dan nama-nama yang lain. Bisa juga suatu ide, Kata benda adalah kata yang berfungsi sebagai penamaan suatu benda. Benda yang sedang dijelaskan atau benda yang sedang disebutkan. Benda yang sedag ditunjukkan, atau juga bisa benda yang sedang melakukan suatu aktifitas. Kata benda dalam bahasa Inggris biasanya menggunakan an, a, the. Tapi tidak selalu begitu.

2. Pronoun
Pronoun adalah kata ganti. Kata ganti yang dimaksudkan untuk mengganti posisi kata benda. Biasanya ini dilakukan untuk menghindari pengulangan penyebutan. Misalnya dalam ujaran pertama telah disebutkan sebuah nama, contoh, "Ardi datang" maka kemudian sebagai variasi ujaran, untuk ujaran kedua untuk menyebutkan Ardi bisa diganti dengan "He".

pertama- "Ardi datang"
kedua-"Dia membawa apel"

Ardi datang. Dia membawa apel.

3. Verb
Verb merupakan pokok dalam kalimat atau ujaran. Karena merupakan syarat utama dalam suatu ujaran yang dianggap sempurna. Verb adalah kata kerja. Kata kerja berfungsi menunjukkan suatu aktifitas yang dilakukan, seperti belajar, makan, minum, mengingat, membersihakan, menghitung, berjalan, berlari, dan sebagainya.

4. Adjective
Adjective adlah kata sifat. Kata sifat adalah kata yang menjelaskan sifat dari suatu benda. Apakah benda itu sudah tua apa baru. Bagaimana warna beda itu. Bagaimana bentuk benda itu. Artikel a, an, the kadang juga dikategorikan sebagai kata sifat. 

5. Adverb
Adverb merupakan kata yang menjelaskan lebih rinci tentang suatu ujaran. Kata keterangan ini menunjukkan keadaan sesuatu. Misalnya sangat cepat, dengan lambat, dengan marah, dengan riang gembira dan sebagainya. Kata keterangan secara umum ditandai dengan ly. 

6. Preposition
Preposition adalah kata depan. Preposition berposisi mengawali suatu kata sebagai penambah maksa kata. Adanya kata depan bisa memodifikasi arti suatu kata. Sehingga makna ujaran menjadi lebih jelas.

7. Conjunction
Conjunction adalah kata hubung. Kata hubung memiliki banyak variasi dengan berbagai fungsi. Ada yang menunjukkan sebab akibat. Ada yang menunjukkan perbandingan. Dan lain sebagainya.

8. Interjection
Interjection adalah kata seru

Sekarang gilirannya determiners. Apa sih determiners? Kalau merujuk ke kamus Cambridge, determiners itu merupakan sebuah kata atau beberapa kata yang digunakan sebelum kata benda untuk lebih menjelaskan kata benda yang mana yang sedang dimaksud dalam suatu ujaran. Dengan kata lain, determiner itu digunakan agar benda yang disebutkan lebih spesifik. Dalam grammar bahasa Inggris, tentu saja pokok bahasan tentang determiner menjadi salah satu hal yang penting untuk dipelajari agar lebih memahami bagian-bagian kata dalam suatu ujaran.

Determiners memiliki beberapa jenis klasifikasi pula. Ada article, number, possessive pronoun, indefinite pronoun, dan demonstrative pronoun. 

1. Article
a, an, the

2. Number
one, two, three, four, five,....

3. Possessive Pronoun
her, his, yours, ours, theirs,.....

4. Indefinite Pronoun
few, more, each, every, either, all, some,.....

5. Demonstrative Pronoun
this, that, these, those,....

Kemudian, Gerund. Gerund merupakan suatu bentuk kata benda yang merupakan gubahan dari kata kerja. Gubahan ini dilakukan karena kata kerja tidak bisa diposisikan sebagai subjek ataupun objek dalam kalimat atau ujaran. Kata kerja yang merupakan suatu posisi tersendiri dalam suatu kalimat di grammar bahasa Inggris ini kemudian memerlukan gubahan agar menjadi sebuah kata benda. Kemudian baru bisa digunakan sebagai subjek atau pun objek.

Contohnya, ketika ingin menyampaikan bahwa "Membaca adalah hobi saya." Maka akan salah secara gramatikal jika dibahasakan dengan "Read is my hobby". Kenapa salah? Karena "read" merupakan kata kerja. Dan kata kerja mempunyai posisi tersendiri dalam kalimat. Sehingga jika ingin digunakan sebagai subjek atau objek, harus dijadikan kata benda terlebih dahulu. Caranya dengan menambahkan akhiran "ing" menjadi "reading". Barulah kalimat disampaikan dengan "Reading is my hobby." yang memiliki arti "Membaca adalah hobi saya.

Contoh lain:
1. Studying is fun.
2. Writing is challenging.
3. Running is good for your health.
4. She loves waking up early.
5. She interested in improving her ability.
6. He likes cooking.

Kemudian, ada jenis kata kerja yang disebut infinitive. Maksudnya adalah kata dasar. Jadi kata kerja infinitive adalah bentuk dasar dari suatu kata kerja. 

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email