IBX5AB59D2A8A617
Home » » Imlek Event dan Liburan 2019

Imlek Event dan Liburan 2019

Posted by cuapguru on Wednesday, September 19, 2018

sumber gambar: pixabay.com
Saya pengen banget merencanakan liburan yang berkesan untuk tahun 2019. Karena sepanjang tahun 2018 yang telah berlalu ini, saya hampir bisa dikatakan full di kampung halaman. Okelah saya cukupkan sampe habis 2018 sekalian. Tapi untuk 2019 butuh banget jalan-jalan khusus refreshing. Hitung-hitung hadiah buat diri sendiri. Semoga saja bisa menjadi semangat baru buat saya.

Saya mencari-cari tanggal-tanggal yang ada liburannya di kalender. Tanggal merah memang kadang jadi harapan. Dan alhamdulillah ternyata ada banyak alternatif tanggal liburan. Tapi entah kenapa mata saya tertuju pada tanggalan Februari, 5 Februari 2019 adalah hari libur Tahun Baru Imlek. Saya jadi teringat cita-cita lama saya buat pergi ke Tiongkok yang sampe sekarang belum terwujud. Haha.. Belum bisa ke Tiongkok, ke Kampung Pecinan Semarang juga ga kala seru. Kesempatan momen Imlek ini yang bisa membawa suasana Tiongkok menjadi yang kental di sana.

Kampung Pecinaan Semarang merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia dan sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Kampung Pecinan Semarang adalah pusat ekonomi dan perdagangan di Semarang. Kampung Pecinan ini disebut dengan kampung 1001 klenteng karena memiliki klenteng di hampir setiap gangnya. Ada klenteng marga dan ada juga klenteng umum. Karena itu suasana Tiongkok menjadi terasa sangat kental. Terlebih saat menyambut Tahun Baru Imlek.

Lampion-lampion merah yang indah, angpao-angpao yang digantung, berbagai aktrasi, atraksi gedawangan, barongsai, tarian tangan seribu, dan barongan merupakan anugerah kebudayaan yang sangat indah yang mengingatkan dengan suasana Tiongkok. Di sana juga ada stand penyewaan kostum kerajaan Tiongkok. Kan keren kalau bisa foto dengan kostum permaisuri dan fotonya dengan latar suasana yang memang seperti sedang di Tiongkok. 

Kemudian ada Pasar Imlek yang merupakan pasar murah meriah yang menawarkan berbagai stand kuliner. Saya pengen hunting kue keranjang yang terkenal dan terfavorit di Semarang. Kue keranjang yang cara memasaknya masih sangat tradisional, pake ketan asli, giling sendiri, pake bumbu rahasia, pake keranjang tradisional, pake kayu bakar. Kue nya juga tersedia dengan lima varian rasa, vanila, frambor, cokelat, kacang, pandan. Sedap!

Btw, liburan Imlek tahun 2019 yaitu tanggal 5 Februari 2019 adalah pada hari Selasa. Saya suka banget kalau libur di hari Selasa. Karena bisa dijadikan liburan yang lebih panjang. Merangkum hari Sabtu sampe Selasa itu sendiri sudah lumayan kayak liburan satu minggu. Sudah lebih dari cukup buat berkeliling menikmati sajian wisata budaya, kuliner, dan hunting foto dan oleh-oleh pastinya.

Saya mencari harga tiket pesawat Bengkulu-Semarang. Ada banyak alternatif pilihan pastinya. Saya membandingkan harga, liat-liat hari, melihat maskapai penerbangannya. Dan ujungnya galau ga keruaan. Terlalu banyak pilihan kadang bikin pusing juga. Saya skip dulu pastinya dong. Saya mencari pilihan penginapan. Ada banyak pilihan juga. Saya cek satu-satu semua penjelasan nya, review, fasilitas dan kecocokan saya. Ternyata malah jadi semakin lama dan sulit ketemu juga yang cocok. Belum lagi menyesuaikan dengan tiket pesawat nya. Kok jadi ribet, galau, dan lama.

Sebenarnya saya sudah lihat ada pilihan gabungan langsung paket pesawat+hotel di traveloka. Tapi karena belum pernah coba tadinya saya ga kepikir buat liat. Karena penasaran banget, akhirnya saya lihat juga. Nyatanya malah lebih mudah. Ga perlu cari tiket dulu setelah itu baru cari penginapan. Tapi tiket pesawat dan penginapannnya sudah disediakan dalam satu paket. Kalau gini milihnya bisa lebih cepat, praktis, mudah dan saving time banget.


Dan setelah dilihat, ternyata ada potongan juga kalau pesan paket pesawat+hotel gini. Potongan nya sampe 20% dan ga perlu kode promo apa pun. Potongan 20% ini besar juga. Lumayan bisa dialokasikan buat yang lain. Buat tambahan uang jajan, bisa wisata kuliner lebih lagi. Atau bisa dialokasikan buat tambahan beli oleh-oleh. Atau bisa juga ditabung buat next trip. Selain mudah dan saving time, ternyata beli paketan lebih hemat daripada beli terpisah.

Saat pembayaran pun jadi saving time. Karena pembayaran di traveloka sangat mudah. Pilihan metode pembayarannya pun banyak. Bisa via transver ATM, bisa pake kartu kredit, bisa juga pake Internet Banking. Bisa pilih yang cocok bin sesuai dengan kita. Rencana liburan yang diawali dengan kemudahan persiapan menjadikan hati semakin nyaman.

Buat kamu yang masih belum lihat tanggalan libur 2019. Buruan lihat kalendernya. Ada banyak kesempatan buat refreshing lho. Coba lihat mana tahu ada rencana atau impian liburan kamu yang bisa direncanakan dari sekarang. Saya doakan semoga impian liburannya tercapai. Kalau tiket pesawat dan hotel lihat aja paket pesawat+hotel nya disini.

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

7 komentar:

  1. Rencana liburan memang sangat dibutuhkan dalam melakukan refreshing, supaya tubuh kita seperti ter charging kembali setelah kembali dari liburan, melihat kampung tionghoa juga menarik, apalagi dengan pernak pernik yang sangat meriah

    ReplyDelete
  2. iya tuh, betul. kadang kalau kebanyakan pilihan jadi bingung sendiri. Enakan beli paketan langsung

    ReplyDelete
  3. Pesan di Traveloka emang lebh gampang kyaknya ya mbk

    ReplyDelete
  4. Yeayy. Tahun 2019 nanti aku juga rencanain banyak-banyak travelling mba. Abisin jatah cuti. Yg tahun ini masa baru kepakai 4 hari cutinya kwkwk. Rugi dongg

    ReplyDelete
  5. Kalau bisa dapat libur panjang pasti paling enak kalau libur ke luar kota..

    ReplyDelete
  6. #2019Solotravelling aamiin ahaha :D

    ReplyDelete
  7. Wah... ga terasa sebentar lagi 2018 habis ya dan 2019 aku targetnya mau kembali traveling... hehe
    Mulai dari sekarang mulai searching info tiket dan penginapan yang oke

    ReplyDelete

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email