Home » » Wisata Indonesia ala TTU

Wisata Indonesia ala TTU

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Apa kabar sahabat cuapguru? Semoga selalu sehat dan dalam lindungan Allah. Kali ini www.cuapguru.com ingin berbagi cerita tentang wisata ala TTU. Btw, sudah tahu TTU kan? TTU adalah singkatan dari Timor Tengah Utara. TTU adalah sebuah kabupaten di pulau Timor, Nusa Tenggara Timur. TTU adalah kabupaten yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste. 

Omong-omong, orang- orang TTU memiliki beberapa tempat wisata favorit lho. Sewaktu saya pernah bertugas di sana. Saya menyempatkan berwisata ke beberapa tempat. Semua tempat yang saya kunjungi adalah tempat wisata yang direkomendasikan oleh orang-orang di TTU. Berikut ini tempat-tempat wisata yang saya kunjungi. 

1. Pantai Wini
Terletak di Wini. Wini terkenal sebagai kota wisata karena memiliki pantai-pantai yang indah. Selain pantai wini, di Wini juga ada pantai Tanjung Bastian. Di area pantai Wini dan Pantai Tanjung Bastian juga ada area pacuan kuda. Pantai Wini memiliki area berpasir yang sangat luas. Pantai di wini memiliki pasir putih yang halus. Keindahannya juga karena lautnya yang sangat biru.

Walau pun pantai ini terkadang menelan korban karena keganasan buaya. Wisatawan tetap mau berkunjung ke sana. Bahkan kebanyakan biasanya mandi-mandi. 

2. Perbatasan Indonesia-Timor Leste di Wini
Sebenarnya titik perbatasan kabupaten TTU dan Negara Timor Leste ada tiga. Satu di Napan. Satu di Haumeniana. Satu di Wini. Perbatasan yang menjadi salah satu favorit wisatawan adalah yang di Wini. Karena selain ke perbatasan, orang-orang juga bisa sekalian wisata ke pantai wini.

Untuk masuk ke wilayah Timor Leste kita perlu melapor ke beberapa pos. Seperti pos imigrasi dan pos TNI penjaga perbatasan. Kita diperbolehkan walau tanpa paspor dan visa atau surat izin lainnya karena hanya mau photo-photo di batas tugu perbatasan saja. Tugu perbatasan pun terletak di depan markas tentara penjaga perbatasan Timor Leste. 

3. Perbatasan Indonesia-Timor Leste di Atambua
Atambua adalah ibukota kabupaten Belu. Kabupaten tetangga TTU. Perbatasan Indonesia- Timor Leste di Atambua dianggap lebih menarik karena adanya jembatan yang besar dan gagah. Jembatan Perbatasan milik Timor Leste itu menjadi spot photo wisatawan. Perbatasan Atambua juga merupakan perbatasan yang sangat ramai. Seolah menjadi pintu gerbang utama penyeberangan antar negara. 

Di Perbatasan inilah terdapat area penjualan souvenir khas Timor Leste maupun khas Indonesia. Juga terdapat banyak jualan makanan. Ada beberapa tempat makan di sini. Dan beberapa swalayan. Di sini juga ada taman rekreasi. 

4. Oeluan


Oeluan adalah tempat wisata favorit yang lokasinya paling dekat dengan Kefamenanu, ibukota kabupaten TTU. Oeluan terletak di kecamatan Noemuti.  Hanya sekitar 20 km saja dari Kefamenanu. Oeluan adalah wisata kolam renang dan taman. 

Orang TTU biasa pergi ke Oeluan di akhir pekan. Juga ada wisata air terjun di dekat wisata kolam renang Oeluan. Namanya air terjun Oeluan. Biasanya wisatawan membawa bekal makan pribadi. Bahkan tak jarang yang memasak di lokasi wisata ini. 

5. Pantai Kupang

Lebih jauh lagi, orang TTU bisa berwisata ke Kupang. Kupang adalah ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur. Kupang terkenal dengan pantainya yang indah-indah. Di Kupang juga terkenal pasarnya yang menjual pakaian dengan harga jauh lebih murah daripada di TTU. Maka kalau ke Kupang selain untuk wisata pantai juga sering sekalian wisata belanjaan.

Itulah beberapa tempat wisata yang sempat saya kunjungi selama saya di TTU. Ada juga tempat wisata lain yang belum saya bagikan. Mungkin akan saya bagikan di lain kesempatan. Semoga menjadi kebaikan.

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. Perbatasan indonesia timor leste ternyata bagus juga, ada jembatan yang keren sebagai penghubung kedua negara, pantai nya juga keliatan nya bersih ya, walaupun katanya alam nya gersang tapi ternyata ada wisata alam rimba nya juga,, mantap lah..

    ReplyDelete

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email