IBX5AB59D2A8A617
Home » » Toleransi Di Sekolah Yayasan Pendidikan Islam Babussalam

Toleransi Di Sekolah Yayasan Pendidikan Islam Babussalam

Posted by cuapguru on Friday, August 3, 2018

Kegiatan senam bersama di halaman SMA Nurul Falah bergabung dengan peserta didik MTSs Nurul Falah Kefamenanu.
Dua sekolah di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Babussalam TTU
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Apa kabar sahabat semua? Semoga selalu dalam kesehatan dan limpahan berkah. Kali ini www.cuapguru.com ingin berbagi pengalaman ketika berada di sekolah Yayasan Pendidikan Islam Babussalam. Apakah sahabat pernah dengar Yayasan Pendidikan Islam Babussalam? Apa pernah berkunjung ke sana? 

Yayasan Pendidikan Islam Babussalam yang www.cuapguru.com maksudkan adalah Yayasan Pendidikan Islam Babussalam yang ada di kota Kefamenanu, kabupaten Timor Tengah Utara, provinsi Nusa Tenggara Timur. Apa sahabat pernah mendengar tentang daerah tersebut? Mari kita melihatnya bersama-sama. 

Sekilas info
Kabupaten Timor Tengah Utara atau yang biasa disebut kabupaten TTU merupakan kabupaten dengan luas sekitar 2600 km persegi. Jumlah penduduknya berkisar 220.000 jiwa. Mayoritas penduduk TTU beragama katolik.

Kota Kefamenanu adalah ibu kota kabupaten Timor Tengah Utara dengan luas berkisar 74 km persegi. Jumlah penduduk berkisar 41.800 jiwa. Kota ini dilayani oleh Keuskupan Atambua yang berada di Atambua. Bersebelahan dengan kabupaten TTU.

Yayasan Pendidikan Islam Babussalam Kefamenanu terdiri dari Radiatul Anfal, Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah, dan Sekolah Menengah Atas Nurul Falah. Adalah yayasan pendidikan yang terdiri dari sekolah islam yang merupakan sekolah islam satu-satunya di kabupaten TTU.

Awalnya saya tidak mengira ada sekolah islam di kabupaten ini. Sebelum bertugas ke kabupaten ini saya kira semua sekolah adalah sekolah katolik. Memang ada sekolah negeri tapi banyak sekolah swasta di TTU. Dan saya sama sekali tidak memprakirakan adanya sekolah islam. 

Di kabupaten TTU muslim sangat sedikit. Namun ternyata tidak luput dari perhatian pemerintah. Ada Madrasah Ibtidayah Negeri di sini yang beroperasi dibawah Kementerian Agama. Meski demikian, tak ada Madrasah Tsanawiyah Negeri. Tak ada pula Madrasah Aliyah. Namun wajar, karena peserta didik sasaran yang nyaris tidak ada.

Setelah tamat madrasah ibtidayah, kebanyakan siswa sekolah ke luar kabupaten untuk mendapat pendidikan lebih baik. Bahkan ada yang sampai ke luar pulau. Ada yang jawa, ada yang ke Makasar, dan lainnya. Ada pula yang lanjut ke sekolah negeri. Ada juga yang berhenti sekolah. 

By the way, di kabupaten ini, saya mendapat tugas mengajar di Yayasan Pendidikan Islam Babussalam. Tepatnya, di Madrasah Tsanawiyah. Madrasah ini biasa dikenal di sana dengan nama MTSs Nurul Falah Kefamenanu.
Acara perpisahan Saya dan Happy sebagai guru SM3T dengan dewan guru MTSs Nurul Falah Kefamenanu
Jumlah peserta didik keseluruhan dari kelas VII sampai kelas IX hanya 84 orang peserta didik saja. Jumlah guru ada 13 orang guru. 11 orang muslim. Dan 2 orang Katolik. Bukan saya yang kaget adanya guru Katolik di sekolah Islam, tapi masyarakat TTU sendiri yang kaget. Setiap ada kegiatan antar sekolah, begitu ada yang tahu ternyata ada guru Katolik di Madrasah Tsanawiyah, mereka kaget.

kaget mereka bukan kaget negatif, melainkan kaget positif. Mereka tak mengira guru katolik bisa mengajar di sekolah Islam. Mungkin mereka belum tahu bahwa dalam ajaran agama Islam. Kita dilarang membeda-bedakan sikap atas nama beda keyakinan.

Rasulullah Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam pada masa kehidupan beliau juga bertetangga dengan non muslim, namun beliau hidup rukun dan damai. Rasulullah Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam terkenal dengan sifatnya yang ramah dan lemah lembut. Bahkan kisah yang populer tentang sejarah hidup beliau salah satunya tentang beliau yang sering menolong seorang nenek yang berkeyakinan yahudi.

Ayat Al Quran tentang toleransi

وَاَنْزَلْنَاۤ اِلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَـقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتٰبِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَاۤ اَنْزَلَ اللّٰهُ وَلَا تَتَّبِعْ اَهْوَآءَهُمْ عَمَّا جَآءَكَ مِنَ الْحَـقِّ ۗ  لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَّمِنْهَاجًا  ۗ  وَلَوْ شَآءَ اللّٰهُ لَجَـعَلَـكُمْ اُمَّةً وَّاحِدَةً وَّلٰـكِنْ لِّيَبْلُوَكُمْ فِيْ مَاۤ اٰتٰٮكُمْ فَاسْتَبِقُوا الْخَـيْـرٰتِ ۗ  اِلَى اللّٰهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيْعًا فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ فِيْهِ تَخْتَلِفُوْنَ

Wa anzalnaaa ilaikal-kitaaba bil-haqqi mushoddiqol limaa baina yadaihi minal-kitaabi wa muhaiminan 'alaihi fahkum bainahum bimaaa anzalallohu wa laa tattabi' ahwaaa`ahum 'ammaa jaaa`aka minal-haqq, likullin ja'alnaa mingkum syir'ataw wa min-haajaa, walau syaaa`allohu laja'alakum ummataw waahidataw wa laakil liyabluwakum fii maaa aataakum fastabiqul-khoiroot, ilallohi marji'ukum jamii'an fa yunabbi`ukum bimaa kuntum fiihi takhtalifuun

"Dan Kami telah menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu (Muhammad) dengan membawa kebenaran, yang membenarkan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan menjaganya, maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang diturunkan Allah dan janganlah engkau mengikuti keinginan mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk setiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Kalau Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap karunia yang telah diberikan-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah kamu semua kembali, lalu diberitahukan-Nya kepadamu terhadap apa yang dahulu kamu perselisihkan," (QS. Al-Ma'idah 5: Ayat 48)

Kegiatan bersama:
Yayasan Pendidikan Islam Babussalam yang memiliki MTSs Nurul Falah dan SMA Nurul Falah, mempunyai guru tetap yayasan yang mengajar di MTS sekaligus juga mengajar di SMA. Hal ini dikarenakan jumlah peserta didik yang tidak begitu banyak. Sehingga jam mengajar guru baiknya dicukupkan dengan penggabungan.

Sama nya beberapa guru di MTSs dan SMA yang memang berada dalam satu komplek sekolahan tersebut membuat suasana antar sekolah menjadi sangat akrab. Kegiatan upacara dan senam bersama pun dilakukan dengan cara penggabungan.

Senam dilaksanakan setiap jumat pagi. Pelaksanaannya di halaman SMA Nurul falah yang luas. Upacara Bendera setiap senin pagi pun juga dilakukan di halaman SMA Nurul Falah. FYI, meskipun sekolah tersebut di bawah naungan yayasan pendidikan islam. Doa di akhir kegiatan upacara dilaksanakan dengan cara katolik. Karena mayoritas peserta didik SMA Nurul Falah berkeyakinan katolik.
Upacara Bendera senin pagi di halaman SMA Nurul Falah Kefamenanu bersama peserta didik MTSs Nurul Falah.
Yayasan Pendidikan Islam Babussalam Kefamenanu memperlihatkan betapa islam mengajarkan toleransi dalam kehidupan. Tidak ada membedakan sikap karena keyakinan yang berbeda. Semua hidup rukun dalam lingkungan yang berdampingan. Toleransi yang diajarkan Rasulullah Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam dalam kehidupan beliau dahulu, telah dilaksanakan di Sekolah Yayasan Pendidikan Islam Babussalam.

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

2 komentar:

  1. Sebulah tulisan yang syahdu, bagaikan penyejuk dari permasalahan bangsa akhir2 ini

    ReplyDelete
  2. wahh,ini baru namanya saling menghormati dan mencerminkan bhineka tunggal ika

    ReplyDelete

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email