IBX5AB59D2A8A617
Home » » Serba Serbi Kantin Sekolah

Serba Serbi Kantin Sekolah

Posted by cuapguru on Thursday, August 30, 2018


Kantin adalah ruang dalam sebuah gedung bangunan publik yang dapat digunakan pengunjungnya untuk makan. Sebenarnya, fungsi kantin bisa digunakan sebagai tempat makan meski makanan dibawa sendiri. Tapi pada umumnya merupakan tempat makan dimana makanan dibeli di sana.

Setiap kantin harus mengikuti prosedur standar dalam pengolahan dan penjagaan kebersihannya. Makanan yang disediakan harus bersih dan halal tentunya. Hallalan thayyiban. Petugas Badan POM Indonesia kadang juga mengecek kualitas makanan yang ada di kantin-kantin, khususnya kantin sekolah.

Kantin memang hampir pasti ada di setiap sekolah. Sebagaimana makan adalah suatu kebutuhan pokok bagi manusia. Begitupun peserta didik yang ada di sekolah berikut guru dan tenaga kependidikan dan petugas di sekolah lainnya membutuhkan keberadaan kantin. Walau mungkin ada yang membawa makanan sendiri dari rumah, namun kebanyakan tidak sempat untuk bisa membawanya. Sehingga kantin menjadi pilihan yang utama.

Keputusan Menkes tahun 2016 tentang persyaratan kantin sekolah:

  • Tersedianya tempat mencuci peralatan makanan dengan air mengalir
  • Tersedia tempat cuci tangan bagi pengunjung
  • Tersedia tempat menyimpan bahan makanan
  • Tersedia tempat makanan jadi atau siap jadi yang tertutup
  • Tersedia tempat untuk menyimpan peralatan makanan
  • Tersedia tempat penampungan sampah
Pesyaratan kantin seperti ini telah banyak diterapkan di sekolah-sekolah yang ada di Indonesia. Meski masih ada juga sekolah yang kurang memperhatikan tentang peraturan acuan standar kantin tersebut. 

Kantin Kejujuran
Mungkin teman-teman sudah sering mendengar istilah kantin kejujuran. Kantin kejujuran sempat digalakkan pemerintah untuk menjadi salah satu cara mengurangi atau mencegah korupsi. Sifat anti korupsi dicoba ditanamkan kepada peserta didik melalui jual beli di kantin sekolah. Menarik.

Yang terjadi adalah fakta bahwa kebanyakan sekolah kewalahan dengan keberadaan kantin kejujuran tersebut. Meski dipasang kamera cctv. Tetap saja celah dalam lelah bisa dimanfaatkan kenakalan remaja. Alhasil kantin kejujuran ini selalu merugi setiap harinya.

Finally, sekarang sekolah yang masih ada kantin kejujurannya hanya tinggal segelintir saja. Selebihnya lebih memilih mengutamakan kantin sehat. Hallalan thayyiban. Yang penting kebutuhan warga sekolah terpenuhi. Insya Allah.

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. Kantin,walaupun ada atau tidaknya yang jaga, kantin kejujuran maupun kantin ketidakjujuran tetap akan ada dimanfaatkan oleh siswa yang terkontaminasi dengan kenakalan remaja yang kompleks

    ReplyDelete

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email