IBX5AB59D2A8A617
Home » » Pentingnya PTK dilakukan di sekolah

Pentingnya PTK dilakukan di sekolah

Posted by cuapguru on Sunday, August 5, 2018

PTK merupakan singkatan dari Penelitian Tindakan Kelas. PTK akhir-akhir ini semakin digalakkan diantara para guru untuk pelaksanaanya. PTK juga bahkan telah menjadi sebagai salah satu prasyarat untuk kenaikkan pangkat guru. Sebenarnya seberapa penting PTK bagi guru? 

PTK pada hakekatnya adalah suatu cara yang dilakukan untuk memperbaiki keadaan kelas. PTK yang merupakan salah satu cabang dari ragam jenis penelitian ini, ialah penelitian yang khusus dilakukan oleh seorang guru. Dan terkhusus lagi, dilakukan di kelas yang memang diampu oleh guru yang melakukan PTK. 

Kenapa harus PTK? Karena penelitian ini berupaya memperbaiki keadaan kelas. Yakni memperbaiki keadaan pembelajaran. Yang tentu dimaksudkan untuk perbaikan hasil dari keseluruhan pembelajaran. PTK berbeda dengan penelitian kebanyakan. Karena PTK merupakan "obat" yang digunakan pada kelas yang dianggap perlu menggunkannya. 

PTK adalah sejenis penelitian deskriptif. Sesungguhnya PTK hasilnya cukup dengan penjabaran yang berupa pembahasaan. PTK murni deskriptif. Dan dalam PTK tidak ada hepotesis yang harus dibuktikan. Intinya dalam PTK adalah adanya suatu yang memang harus diperbaiki. Atau sesuatu yang ingin ditingkatkan kualitasnya. 

PTK memang baiknya menjadi media seorang guru untuk melakukan perbaikan. Kenapa tidak perbaikan langsung saja? Kenapa harus dengan cara penelitian? Karena penelitian ini dilakukan dengan cara yang ilmiah. Dan terlebih penelitian jenis PTK menggukan patner dalam penelitian. Sangat cocok untuk seorang guru.

Seperti apa sebenarnya sistem melakukan PTK?
Jika seorang guru telah mengajar selama tiga bulan atau lebih di dalam sebuah kelas. Dan guru tersebut menemukan perihal yang perlu ternyata untuk diperbaiki atau ditingkatkan. Maka guru tersebut sudah bisa menetapkan bahwa beliau akan melakukan PTK. 

Setelah menetapkan ingin melakukan PTK, langkah selanjutnya adalah mencari cara atau "obat" yang dibutuhkan untuk temuan guru dikelas tersebut. Mencari obat perihal kekurangan atau untuk perbaikan kelas tentu saja di jurnal-jurnal atau buku-buku atau referensi tentang pendidikan lainnya. 

Jurnal-jurnal internasional terkait dunia pendidikan ada banyak sekali di internet. tinggal ketikkan saja kata kunci yang diperlukan di internet. di google. maka akan bermunculan referensi yang diperlukan. Banyak membaca memang menjadi kunci menemukan masalah untuk perbaikan pembelajan.

Setelah menemukan "obat" atau cara memperbaiki atau meningkatkan keadaan kelas. Maka referensi yang lain pun  perlu ditambah. Jika merasa sepertinya akan cocok digunakan. Maka cari pengalaman guru lain yang pernah mengalami keadaan yang serupa dan mengatasi dengan cara yang serupa.

Rangkaian melakukan PTK

Persiapan
Ada permasalahan 
Mencari cara mengatasi permasalahan
Mencari guru sebagai rekan melaksanakan PTK
Berkolaborasi dengan rekan
Membatasi permasalahan
Menentukan judul PTK
Menentukan target capaian
Menyiapkan pelaksanaan PTK
Menyiapkan perangkat mengajar
Menyiapkan lembar observasi
Menyiapkan cara evaluasi 
Menyiapkan cara menganalisis hasil
Menyiapkan wawancara dan lembar catatan lapangan

Pelaksanaan
Pengenalan cara baru pada peserta didik
Pelaksanaan cara baru pada pembelajaraan
Rekan guru sebagai peneliti melakukan observasi
Rekan guru melakukan pencatatan fakta lapangan
Guru peneliti dan rekan melakukan pengumpulan data
Melaksanakan evaluasi
Menganalisis hasil evaluasi

Refleksi
Merefleksi pelaksanaan 
Menyimpulkan lanjutan penelitian

*catatan: Dari suatu persiapan sampai suatu refleksi disebut "satu siklus". jika pada siklus satu belum mencapai target, maka dilakukan siklus dua. Jika siklus dua belum juga mencapai target, maka lanjut siklus tiga dan seterunya. Namun jika di siklus pertama sudah mencapi target yang telah ditetapkan, maka guru bisa berhenti melaksanakan PTK.

Jika target telah tercapai, maka berarti telah terjadi perbaikan pada pembelajaran. Berarti kelas telah berhasil "diobati". Maka guru telah melakukan prestasi kerja. Guru yang memang bertujuan untuk mendidik dengan meningkatkan kualitas peserta didiknya tentu salah satu nya telah terbukti berhasil dengan berhasilnya PTK. Itulah mengapa PTK penting dilakukan di sekolah.

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. Solusi dari permasalahan belajar dalam kelas adalah PTK

    ReplyDelete

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email