IBX5AB59D2A8A617
Home » » Pengalaman Unik Saat Ikut SM3T

Pengalaman Unik Saat Ikut SM3T

Posted by cuapguru on Tuesday, August 21, 2018

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Apa kabar sahabat semuanya? Semoga sahabat cuapguru selalu dalam keadaan sehat dan lindungan Allah. Btw, Joni bocah pemanjat tiang bendera kemarin sudah bertemu dengan Bapak Presiden, ya. Cuapguru turut menyatakan salut pada Joni. Karena keberaniannya, beliau berhasil menyelamatkan martabat bangsa Indonesia di mata dunia.

Omong-omong soal Joni, kali ini www.cuapguru.com ingin berbagi pengalaman saat ikut SM3T. Kebetulan saya tugas SM3T di kabupaten yang bersebelahan dengan kabupaten tempat tinggal Joni. Saya tugas SM3T di Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Sedangkan tempat tinggal Joni di Kabupaten Belu. 

Saat menjalani program SM3T di Kefamenanu, Kabupaten TTU, saya mendapatkan banyak pengalaman unik. Berikut beberapa pengalaman unik yang saya alami.

DIPAKAIKAN PAKAIAN ADAT LENGKAP
Ketika ulang tahun Kefamenanu. Saya diajak salah satu guru sekolah tempat saya tugas, ibu Maria untuk pergi ke pameran. Ternyata di lokasi pameran ia bertemu dengan keluarganya yang menjajakan kain tenun dan atribut pakaian adat. Sembari melihat- lihat berbagai jenis kain tenun. Ibu Maria memasangkan atribut pakaian adat. Kemudian keluarganya menawarkan agar saya mau mencoba memakai seluruh atribut pakaian adat. Agar terlihat cantik dan diphoto sebagai kenangan dari TTU kata beliau. Beliau sangat welcome terhadap pendatang.

Saya juga senang ditawari hal tersebut. Saya pun dibantu Ibu Maria memakai nya. Mulai dari sarung, selendang, ikat pinggang, kalung, gelang, mahkota, sampai seperangkat wadah kapur sirih. Setelah selesai, saya pun di photo. Setelah photo sesi pertama. Saya ditawari untuk memakai pakaian lengkap dengan baju yang berbeda. Jadi saya memakai dua versi dan photo dua kali.

IKUT CARI AIR
Sebenarnya saya kos di tempat yang alhamdulillah airnya lancar. Tapi kata orang itu hanya keberuntungan saja. Akhirnya saya pun mencoba ikut teman- teman yang bertempat tinggal di kawasan sulit air untuk mencari air. Pertualangan mencari air pun ternyata melelahkan. Lokasi sumber air nya lumayan jauh. Melewati area-area super kering. Juga melewati tebing-tebing dan karang-karang. 

DAPAT KUPON PASAR MURAH BERSUBSIDI
Saya mendapatkan kupon pasar murah dari dinas perindag provinsi NTT. Kebetulan saat itu saya sedang dalam keadaan sulit ekonomi. Jadi saya sangat berterimakasih mendapatkan kupon tersebut. Kupon tersebut bisa dibelikan dengan sembako yang sudah tersedia di stand mereka di pasar.

PENGUMPULAN ALAT KEBERSIHAN UNTUK SEKOLAH
Kepedulian orang tua siswa terhadap kebersihan sekolah sangat tinggi. Bagi yang memiliki anak yang ikut remedial mata pelajaran sekolah, mereka menyumbangkan alat-alat kebersihan untuk sekolah. Ada yang memberi sapu ijuk, kain pel, dan sapu lidi. Jadi, sekolah memiliki alat kebersihan yang melimpah.

DIKIRIMI KUE LEBARAN
Terlalu jauh dari orang tua sempat membuat saya meneteskan air mata di hari H-1 Idul Fitri saat itu. Maklum Bengkulu- NTT memang jauh. Saya sedikit merasakan kepiluan atas kesendirian saya di tanah rantau yang tergolong sangat minim muslim ini. Saat saya menangis, tiba-tiba saya mendapat telpon dari kantor pos. Katanya ada paket untuk saya. Saya kaget dan langsung menuju kantor pos. Ternyata kiriman paket dari Bengkulu. Dan isinya adalah kue lebaran. Saya terharu dan menangis lagi. Tapi tangis bahagia. Ternyata keluarga saya romantis. Suka memberi kejutan manis.

DAPAT ZAKAT FITRAH
Saya ternyata mendapat zakat fitrah. Yang mengantar nya langsung ke kosan saya adalah guru sekolah tempat saya bertugas. Pak Sam memang panitia pembagian zakat fitrah. Kata beliau saya mendapat zakat fitrah karena saya dianggap fisabilillah. Saya tidak menyangka.

SHOLAT DI BERBAGAI TEMPAT
Mencari tempat sholat yang tepat lumayan sulit. Karena itu saya berkesempatan merasakan sholat di berbagai tempat. Saya sempat sholat di atas meja sebuah sekolah. Pernah di atas sebuah bangku sebuah tempat wisata. Pernah juga di atas pasir. Pernah juga di teras sebuah rumah.

Itulah beberapa pengalaman unik saya saat ikut SM3T.

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. Ikut sm3t dapat berbagai macam pengalaman ya,,, dapat melihat indonesia lebih luas, yang dari barat bisa ke timur, bagusnya program ini tetap lanjut agar yang lain juga berkesempatan merasakan pengalaman unik nya

    ReplyDelete

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email