IBX5AB59D2A8A617
Home » » Pendidikan Gempa

Pendidikan Gempa

Posted by cuapguru on Tuesday, August 7, 2018

sumber gambar: pixabay.com
Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh.
Apa kabar sahabat cuapguru? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah. Sebelumnya, www.cuapguru.com turut berduka atas musibah gempa yang menimpa Lombok. Semoga diberikan ketabahan menghadapinya dan kemudahan dalam penanggulangannya.

Berkaitan dengan gempa yang menimpa Lombok. Kali ini www.cuapguru.com ingin berbagi informasi tentang pendidikan gempa. Apa sahabat pernah dengar tentang pendidikan gempa? Pentingkah pendidikan gempa itu?

Begini ceritanya, sewaktu saya sedang dalam masa pendidikan profesi di asrama. Pernah pula terjadi gempa yang cukup kuat. Kebetulan, kamar saya berada di lantai lima. Sehingga getaran sangat terasa. Dan sewaktu terjadi gempa itu, ada beberapa kisah menarik yang terjadi. 

Yang pertama, ada teman yang berasal dari daerah yang tidak pernah sama sekali mengalami gempa. Beliau pun tak pernah pergi ke daerah lain dan membuatnya mengalami gempa. Kamar beliau juga di lantai lima asrama. Beliau saat gempa terjadi di asrama waktu itu, mematung. Beliau pucat seluruh tubuhnya. Dan tidak tahu harus bagaimana. Beliau hanya terdiam kaku.

Yang kedua, sempat terjadi pertentangan pada dua kelompok yang tak sengaja bertemu di muka tangga. Satu kelompok ingin naik ke lantai teratas, lantai enam dengan alasan bahwa lantai enam adalah ruang terbuka. Dan tak mungkin bisa ditimpa reruntuhan. Sedangkan kelompok kedua ingin turun ke lantai dasar, karena berpendapat kalau gempa harus pergi ke lapangan yang jauh dari bangunan.

Yang ketiga, terjadi kebingungan karena pintu tangga dikunci. Pintu yang dikunci ada di satu sisi gedung. Dan ada pintu yang terbuka di sisi yang lain. Penghuni asrama waktu itu kaget dan panik sehingga lari ke sana kemari mencari-cari jalan membuat tambah panik.

Yang keempat, kesulitan menemukan barang utama untuk dipakai atau dibawa. Misalnya, susah menemukan dimana kacamata. Kemudian, lupa dimana letak jilbab. Lalu, tak mau lagi memakai sandal. Dan lupa berpakaian lengkap.

Sekilas Tentang Gempa
Gempa adalah getaran yang terjadi karena pelepasan energi secara tiba-tiba pada lempeng bumi. Hal ini biasanya disebabkan siklus pergeseran lempeng yang berada pada titik temu antar lempeng satu dengan lempeng lainnya. 

Pendidikan Gempa
Sebagai upaya dari penjelasan terkait kebingungan yang terjadi saat terjadi gempa. Maka pendidikan gempa pun diperlukan. Pendidikan gempa menjelaskan ilmu tentang teori dasar gempa dan bagaimana bersikap jika terjadi gempa. Berikut contoh poinnya.

1. Yang harus dilakukan saat gempa ketika berada dalam ruangan
- perhatikan kekuatan gempa
-taksir resiko
-perhatikan benda apa saja yang ada di sekitar
-perhatikan benda yang beresiko melukai
-perhatikan benda yang bisa dijadikan alat penolong
-misalnya jika ada meja yang ada ruang di bawahnya, dan meja itu kuat dan tebal. Maka bisa dijadikan tempat berlindung

2. Yang harus dilakukan saat gempa ketika berada di dalam bangunan tinggi
Haruslah memerhatikan kondisi kekuatan gedung. Jika gedung adalah gedung yang kokoh, sedang gempa terlihat masih bisa untuk ditahan gedung. Maka lebih baik memang meninggalkan gedung selagi bisa. Namun, jika gempa kuat dan gedung terlihat akan sulit menahan kekuatan gempa. Lebih baik tidak berlari karena justru beresiko tertimpa reruntuhan bangunan. Yang bisa dilakukan adalah berdiri di pintu keluar masuk. Atau bertaahan di sudut ruangan. 

3. Mengenali lingkungan tempat berada
Mengenali bangunan tempat tinggal dan apa-apa saja yang ada di sekitarnya tentu merupakan hal yang sangat baik. Sehingga jika terjadi gempa, kita sudah mengenali jalur evakuasi yang efektif. Dan tidak terlalu panik. Kemudian, selalulah menempatkan diri jauh dari furnitur yang besar atau jendela yang besar. Misalnya dalam penempatan tempat tidur. 

4. Menempatkan barang dengan disiplin
Dalam hal peletakan barang-barang, disiplin juga baik diterapkan. Sehingga kita tidak bingung ketika terjadi gempa. Kita bisa langsung tahu dimana barang-barang penting yang harus segera dibawa. Sebaiknya juga menyiapkan kotak pertolongan pertama yang mudah terjangkau.

Dan masih banyak lagi poin dalam ilmu pendidikan gempa. Semoga pendidikan gempa menjadi salah satu perhatian dari pemerintah. Semoga pendidikan di Indonesia semakin maju ke depannya.

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. Salut dengan cuapguru.com, selalu membahas info-info yang kekinian sekali.. Gempa memang perlu dipelajari cara menghadapinya agar selalu siap dan tidak panik saat terjadi guncangan

    ReplyDelete

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email