Home » » Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajan

Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajan

Dalam merencanakan suatu pembelajaran ada banyak hal yang harus diperhatikan. Biasanya para guru akan mempertimbangkan tentang pedekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajan apa yang akan digunakan. Namun, faktanya, ada banyak kebingungan yang terjaadi dalam memahami pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajan. Sehingga pada akhirnya lebih memilih untuk mencontoh dan menyamakan semua pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model yang pernah dipakai seseorang ke semua rencana pelajaran yang dirancang. Meskipun dengan mata pelajaran dan materi yang berbeda-beda.

Mari kita lihat pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajan terlebih dahulu.

1. Pendekatan Pembelajaran
Merupakan fokus utama. Sebagai acuan dasar yang digunakan. Sehingga, pendekatan bisa dikatakan sebagai pondasi. Yang kemudian masih memerlukan banyak cara lanjutan. Contoh pendekatan adalah: pendekatan yang berorientasi pada siswa. Kemudian ada pendekatan yang berorientasi pada guru. Atau biasa dikenal dengan sebutan students centered approach untuk yang berorientasi ke siswa. Dan teacher centered approach untuk yang berorientasi ke guru.

2. Strategi Pembelajan
Setelah Pendekatan Pelajaran ditentukan, barulah strategi dipilih. Strategi apa yang bisa digunakan agar pendekatan yang telah ditentukan bisa terlaksana dengan baik dan maksimal. Contoh strategi pembelajaran: group-individual learning, exposision-discovery learning, strategi pembeljaran induktif, dan strategi pembelajaran deduktif.

3. Metode Pembelajan
Setelah strategi dipilih, barulah menetapkan metode apa yang bisa digunakan supaya strategi yang telah dipilih bisa terlaksana dengan baik dan maksimal. Contoh metode pembelajaran: ceramah, demostrasi, diskusi, simulasi, laboratorium, pengalaman lapangan, brainstorming, debat, dan simposium.

4. Teknik Pembelajaran
Setelah metode ditetapkan, barulah memutuskan teknik apa yang bisa digunakan supaya metode yang telah ditetapkan bisa terlaksana dengan baik dan maksimal. Contoh teknik pembelajaran: teknik diskusi untuk kelas pasif, teknik diskusi untuk kelas aktif, teknik ceramah untuk siswa yang berjumlah banyak, dan teknik ceramah untuk siswa yang berjumlah sedikit.

5. Taktik
Setelah memutuskan teknik, barulah taktik akan kelihatan. Karena taktik merupakan gaya pribadi dari seorang guru. Maksudnya, setiap orang akan berbeda taktik dengan sendirinya. Yaitu cara seseorang dalam melakukan sesuatu. Contohnya: ada guru yang suka humor, ada guru yang serius, ada guru yang tegas, ada guru yang keras. Dalam melaksanakan teknik yang telah diputuskan tadi. Taktik seseorang akan berbeda tergantung kepribadiannya. 

6. Model Pembelajaran
Setelah lengkap rangkaian pendekatan, strategi, metode, teknik, dan taktik, barulah bisa disebut sebagai satu model pembelajaran. Sehingga bisa dikatakan bahwa satu model pembelajaran adalah satu rangkaian cara untuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang berisi pendekatan, strategi, metode, teknik, serta taktik agar tujuan pembelajaran bisa dicapai dengan baik dan maksimal.

Jika sudah jelas terhadap semua pengertian dalam merancang pembelajaran, barulah suatu pembelajan dapat dengan apik disusun. Sebelumnya tentu harus memerhatikan mata pelajaran apa dan materi apa yang akan diajarkan. Sebaiknya setiap mata pelajaran dan setiap materi menyesuaikan dengan pedekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajan yang cocok.

Ada banyak sekali ragam pedekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajan yang bisa digunakan dalam pembelajaran. Dan banyak nya pedekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajan itu baiknya menjadikan guru semakin variatif dalam kegiatan belajar mengajar. Agar pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak mudah bosan. Baik guru maupun siswa jangan sampai bosan mengajar dan bosan belajar. Apalagi sampai bosan ke sekolah.
sumber gambar: pixabay.com
Darimana bisa mencari tahu ragam pedekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajan yang bisa digunakan dalam pembelajaran?

Tentu saja bisa dicari di media internet. Ada banyak situs pencarian di internet yang akan langsung menunjukkan wadah pencarian jurnal-jurnal internasional terkait ragam pedekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajan. Ada banyak penjelasan berikut pengalaman para guru dari berbagai belahan dunia.

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email