Home » » Merayakan Idul Adha 2018 di Bengkulu

Merayakan Idul Adha 2018 di Bengkulu

Posted by cuapguru on Thursday, August 23, 2018

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Apa kabar sahabat ? Semoga selalu dalam lindungan Allah dan dalam kemudahan. Dimana kemaren merayakan Idul Adha? Di kampung halaman tercinta apa di perantauan?

Sekilas Info
Idul Adha biasa disebut juga dengan Lebaran Haji atau Hari Raya Qurban. Idul Adha merupakan salah satu dari dua hari raya umat Islam. Idul Adha merupakan hari raya yang memiliki ibadah sunnah khusus setelah sholad Id, yaitu melaksanakan qurban. 

Idul Adha dirayakan bertepatan dengan masa pelaksanaan haji, tepatnya pada saat ibadah wukuf di Arafah. Sembilan hari sebelum hari raya Idul Adha disunnahkan berpuasa. Dan tiga hari setelah hari raya Idul Adha (hari tasyrik) dilarang untuk berpuasa.

Tahun lalu saya berkesempatan merayakan Idul Adha di Padang. Karena sedang menjalani program pendidikan berasrama di sana. Kali ini saya berlebaran di Bengkulu. Kampung halaman tercinta. Tepatnya di Kota Bengkulu. Saya bersama keluarga melaksanakan sholat Id di masjid Masjid Khoirul Amin.

Sepintas sejarah hari raya Idul Adha
Allah SWT berfirman dalam Al Quran As-Saffat Ayat 102

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يٰبُنَيَّ اِنِّيْۤ اَرٰى فِى الْمَنَامِ اَنِّيْۤ اَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرٰى ۗ  قَالَ يٰۤاَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ ۖ  سَتَجِدُنِيْۤ اِنْ شَآءَ اللّٰهُ مِنَ الصّٰبِرِيْنَ

fa lammaa balagho ma'ahus-sa'ya qoola yaa bunayya inniii aroo fil-manaami anniii azbahuka fanzhur maazaa taroo, qoola yaaa abatif'al maa tu`maru satajiduniii in syaaa`allohu minash-shoobiriin

"Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu! Dia (Ismail) menjawab, Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar." 

Pelajaran yang bisa diambil dari sikap Nabi Ismail dalam ayat ini
1. Berusaha untuk selalu taat pada perintah Allah 
2. Menjadi orang yang sabar
3. Mengucapkan insya Allah ketika berjanji

Pelajaran yang bisa diambil dari sikap Nabi Ibrahim dalam ayat ini
1. Tegas menyampaikan hal yang harus disampaikan
2. Bijaksana dengan bertanya pendapat kepada anaknya

Seperti yang kita ketahui, Nabi Ismail tidak jadi disembelih melainkan Allah gantikan dengan hewan yang kemudian menjadi perintah untuk berqurban. Nabi Ismail dan Nabi Ibrahim merupakan kisah betapa perintah agama merupakan cobaan bagi muslimin. Dan keteguhan dalam ketaatan berakhir dengan hadiah yang besar dari Allah.

Hikmah Perayaan Idul Adha
1. Memberikan Yang Terbaik
Sebagaimana yang kita ketahui bahwa dalam pemilihan hewan qurban ada syarat tertentu yang harus dipenuhi. Maka hal ini menunjukkan betapa kita harus memberi dengan pemberian yang baik.

2. Melakukan Yang Terbaik
Dan pula dalam melaksanakan qurban, dalam penyembelihan hewan qurban ada adab-adab yang harus diperhatikan. Hal ini menunjukkan bahwa kita harus melakukan sesuatu dengan cara yang baik.

3. Adil
Pembagian hewan qurban yang dianjurkan dengan pembagian tertentu menunjukkan bahwa kita harus berlaku adil. Memberika sesuatu secara tepat pada yang seharusnya. Merupakan suatu keadilan yang harus diperhatikan.

Merayakan Idul Adha
Setelah pemotongan dan pembagian hewan qurban. Setiap keluarga tentu akan melanjutkan dengan kegiatan masak bersama keluarga. Daging kurban biasanya dimasak dengan berbagai resep kegemaran keluarga masing-masing.

Kalau saya, saya paling suka sup. Jadi saya kalau boleh memilih maka saya lebih memilih daging nya dimasak sup. Dengan campuran wortel dan kentang. Saya sangat suka. Tapi daging yang lumayan banyak biasanya dimasak rendang oleh ibu saya. Selain itu kadang dipindang juga. Terkadang dibuat dendeng separuhnya lagi.

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

2 komentar:

  1. Merayakan idul adha adalah momen yang begitu istimewa untuk berkumpul bersama keluarga, sanak , dan teman2, terutama saat sholat ied dan menikmati daging dari hewan kurban,semoga kita semua bisa berkurban dan mendapat kendaraan di akhirat kelak, Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga Allah kabulkan. Semoga Allah mudahkan. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

      Delete

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email