Home » » Menikmati kuliner di TTU Indonesia

Menikmati kuliner di TTU Indonesia

Posted by cuapguru on Wednesday, August 22, 2018

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Apa kabar sahabat semuanya? Semoga selalu dalam keadaan limpahan berkah dan kebaikan. Omong-omong cuapguru mengucapkan selamat merayakan Idul Adha. Semoga momen Idul Adha menambah baik keimanan kita. 

Kali ini www.cuapguru.com ingin berbagi cerita tentang kuliner di TTU. Sudah pernah dengar tentang kuliner yang ada di TTU? Sebelum berangkat ke TTU. Saya mendapat informasi bahwa makanan yang populer di sana adalah jagung. 

Setelah saya sampai di sana dan memerhatikan kuliner yang ada di TTU, ternyata memang makanan yang populer adalah jagung dan berbagai olahannya. Contohnya Jagung Bose dan Jagung Katemak. Pernah dengar Jagung Bose dan Jagung Katemak? 

Jagung Bose adalah makanan yang terbuat dari jagung yang sudah dihaluskan. Cara membuatnya adalah dengan mencampur jagung yang sudah dihaluskan dengan kacang merah dan kacang hijau  kemudian dibuat seperti bubur. Jagung Bose ini seperti pengganti nasi. Memakan jagung Bose biasanya disertai dengan sambal dan garam.

Sambal yang digunakan adalah sambal khas Timor. Sambal khas Timor itu terbuat dari cabai, tomat, dan ikan-ikan kecil. Cara membuatnya adalah dengan langsung mencampur cabai, bawang merah, dan tomat yang telah diiris iris dadu kecil dengan ikan-ikan kecil. Sambal tidak dimasak.
sambal, garam, dan jagung bose
Kalau Jagung Katemak adalah makanan yang terbuat dari jagung yang tidak dihaluskan. Jagung hanya dipreteli. Kemudian dicampur dengan buah labu, sayur labu, dan kacang merah. Semua bahan direbus. Lalu ditambah garam. Dimakannya juga dengan sambal Timor.

Selain dua makan ini ada lagi makanan khas lain, sei daging. Sei daging adalah daging yang di asap. Kemudian ada juga kacang padi. Warnanya hitam. Kacangnya kecil-kecil. Biasa ditumis juga. Lalu, ada daun kelor. Masyarakat juga suka daun kelor yang ditumis. Daun kelor juga biasa dicampurkan di mie rebus. Ada juga sambal luat. Rasanya sangat asam seolah dibuat dari jeruk nipis yang banyak.

Kalau sayur, masyarakat TTU suka masak bunga papaya. Bunga papaya direbus kemudian dikeringkan. Selain itu ada juga pucuk ubi yang direbus dan dikeringkan. 

Dalam memakan buah-buahan segar, masyarakat TTU biasa nya menggunakan bumbu penyedap rasa masakan sebagai penambah rasa atau garam. Jadi memakan buah segarnya seperti memakan rujak. Tapi bukan dengan bumbu rujak. Melainkan bumbu penyedap rasa masakan. 

Masyarakat TTU suka mengkonsumsi buah pinang dan kapur sirih. Buah pinang yang sudah  diiris tipis dan dikeringkan biasa menjadi camilan. Jualan buah pinang ini ada banyak di pasar. Katanya buah pinang itu bisa membuat mata jernih dan tidak mengantuk.

Itulah sedikit cerita tentang kuliner di TTU Indonesia. 

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

2 komentar:

  1. Unik unik ya makanan daerah ini, indonesia memang penuh dengan keragaman, dari adat istiadat hingga makanan pun punya keberagaman sendiri sendiri, harus dicoba asalkan halal dan sedap

    ReplyDelete
  2. Usually, I never comment on blogs but your article is so convincing that I never stop myself to say something about it. You’re doing a great job Man. Best article I have ever read

    Keep it up!

    ReplyDelete

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email