IBX5AB59D2A8A617
Home » » Kecerdasan Majemuk dan Gaya Belajar

Kecerdasan Majemuk dan Gaya Belajar

Posted by cuapguru on Saturday, August 4, 2018

sumber gambar: pixabay.com
Kecerdasan merupakan suatu kemudahan dan kelancaran dalam melakukan sesuatu. Kecerdasan merupan suatu daya dan potensi yang dimiliki untuk melakukan sesuatu. Kecerdasan merupakan suatu anugerah dari Allah yang harus disyukuri.

Kecerdasan setiap orang tidak lah sama. Setiap orang diciptakan dengan keunikannya masing-masing. Ada yang kecerdasannya tinggi di suatu bidang namun kurang di bidang yang lain. Kecerdasan sesungguhnya adalah bekal yang dimiliki untuk bisa hidup dan sukses dalam menjalani hidup.

Ada banyak teori tentang kecerdasan yang telah dilakukan banyak peneliti. Salah satunya kecerdasan majemuk yang diteliti oleh Gardner. Ia menemukan fakta bahwa kecerdasan itu ada banyak ragamnya. Ada cerdas dalam hal berbahasa. Ada kecerdasan dalam tata ruang. Ada cerdas dalam berlogika. Ada cerdas kinetik. Dan masih banyak lagi.

Berikut contoh perbedaan ciri ragam kecerdasan

Cerdas Berbahasa
bagus dalam mengingat informasi tertulis atau suara
suka mebaca dan menulis
bagus kalau berargumen atau berdebat
bagus kalau menjelaskan sesuatu
suka humor

Cerdas Tata Ruang
suka membaca dan menulis
bagus dalam menyusun puzzels
bagus dalam memahami gambar
suka menggambar
mengenali suatu pola dengan mudah

Cerdas berlogika
menyukai ide-ide abstrak
lihai dalam memecahkan suatu permasalahan
suka penelitian ilmiah

Cerdas Kinetik
suka berolah raga
suka berkarya dengan tanganya
baik mengingat suatu gerakan

Kecerdasan Majemuk dan Gaya Belajar
Kecerdasan yang berbeda-beda pada setiap orang juga terlihat di kelas saat pembelajaran berlangsung. Ketika materi pelajaran disampaikan, peserta didik menunjukkan sikap yang berbeda-beda. Mulai dari menunjukkan ekspresi yang berbeda, gerakan badan yang berbeda, kemudian tindakan yang berbeda. 

Ketika video pengantar di putar, peserta didik ada yang hanya terpaku menatap video. Ada yang terpana sambil mengomentari dengan berbagai kata-kata keseruan. Ada pula yang mulai mencatat beberapa kalimat di buku catatannya. Ada yang bahkan berdiri atau pun mau ke depan ke las hanya karena ingin melihat lebih dekat video itu. 

Kecerdasan yang beragam ini membuat saya tidak tega memarahi salah satu peserta didik atau pun beberapa peserta didik jika mereka mengalami hasil belajar yang kurang baik. Atau juga kadang mereka bosan atau tidak bersemangat dalam belajar. Karena saya berpikir bahwa perbedaan setiap orang tidak bisa dipaksakan untuk menjadi sama. 

Pertimbangan
Untuk peserta didik yang cerdas berbahasa
Yaitu mereka yang memiliki kemampuan mengolah informasi dan berekpresi dengan berbahasa, baik lisan maupun tulisan. Mereka akan maksimal belajar dengan cara naratif, diskusi, atau penugasan bacaan lanjutan untuk mereka kerjakan.

Untuk peserta didik yang cerdas tata ruang
Yaitu mereka yang memiliki kemampuan untuk mempersepsikan atau menganalisis keberadaan benda, semudah berimajinasi atas sesuatu yang tidak ada seolah ada. Mereka akan maksimal belajar dengan cara penuh warna warni, dengan gambar, dengan adanya ilustrasi, grafik, multimedia dan games.

Untuk peserta didik yang cerdas berlogika
Yaitu yang memiliki kemampuan untuk mengenali pola dan struktur, dan mapu menyesaikan persoalan yang masih abstrak dengan cara logis dan sistematik. Mereka akan maksimal belajar dengan cara pemecahan suatu permasalahan dengan grafik, diagram, tabel, tugas yang menggunakan logika berikut alasan-alasannya.

Untuk peserta didik yang cerdas kinetik
Yaitu yang menggunakan gerakan tubuh dengan sangat baik untuk melakukan segala sesuatu. Dan kemampuan mengkordinasikan gerakan tubuh dengan sangat baik. Mereka akan maksimal belajar dengan cara berekplorasi, pengalaman lapangan, aktifitas yang menggunakan fisik.

Finally, menjadi catatan penting untuk memvariasikan kegiatan pembelajaran agar bisa menyeimbangkan perbedaan antar peserta didik. Variasi kegiatan pembelajaran selain menyeimbangkan peserta didik, juga membantu guru untuk tidak mudah bosan dalam mengajar. 

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. Wah.. Berarti kalau memiliki kecerdasan yang majemuk ini sudah bisa dikatakan sempurna, cerdas disegala sisi kehidupan

    ReplyDelete

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email