IBX5AB59D2A8A617
Home » » Ini Dia Faktor Penyebab Dan Cara Menangani Herpes Zoster

Ini Dia Faktor Penyebab Dan Cara Menangani Herpes Zoster

Posted by cuapguru on Wednesday, August 15, 2018

sumber gambar: wikipedia.org
Penyakit herpes atau dikenal juga dengan sebutan penyakit cacar air, dikarenakan virus yang menyebabkannya sama yaitu virus Varicella Zoster. Herpes ini sebuah penyakit yang memiliki karakter unik dan juga bandel, hal ini dikarenakan meski akan sembuh dengan sendirinya tetapi penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya tetapi akan dapat kambuh lagi dalam jangka waktu tertentu. Herpes ini terdiri dari 2 jenis dan salah satunya adalah herpes zoster. 

Herpes zoster ini akan menyerang seluruh area permukaan kulit dan yang umumnya akan terserang adalah bagian badan. Dimana ditandai dengan adanya bercak kemerahan pada daerah yang terkena virus dan dalam waktu 12 hingga 24 jam akan munculnya bintik bintik gelembung berisi air. Selain itu penderitanya akan mengalami rasa sakit berupa rasa panas seperti terbakar atau rasa seperti adanya benda tajam yang menusuk nusuk. Selain itu juga mereka yang terkena herpes bagian tubuh yang terkena virusnya akan merasa gatal dan mati rasa. 

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan herpes zoster ini seperti :

  • Usia. Dengan bertambahnya umur si penderita maka insiden penyakit ini akan semakin meningkat, dan umumnya yang akan mengalaminya adalah pasien dengan usia diatas 50 tahun
  • Menurunnya sistem kekebalan tubuh seperti karena mengidap HIV/AIDS, menggunakan obat steroid dalam waktu jangka panjang atau immunosupresan, ataupun sedang menjalani kemoterapi.
  • Sedang mengalami stress baik secara fisik ataupun emosional.  

Langkah terbaik untuk menangani herpes zoster ini adalah dengan melakukan pengobatan secara medis. Langkah ini perlu dilakukan didalam upaya agar proses penyembuhan berjalan dengan cepat dan sekaligus kemungkinan terjadinya komplikasi akan dapat dikurangi yaitu dengan pemberian obat antivirus sebagai contoh acyclovir dan valacyclovir.

Dengan menangani rasa nyeri sedini mungkin maka akan dapat menghindarkan penderita herpes dari terkena komplikasi gangguan saraf. Berikut beberapa obat yang digunakan untuk meredakan rasa nyeri sedini mungkin diantaranya yaitu : 

  • Obat pereda sakit seperti parasetamol, ibuprofen, dan kodein. 
  • Obat antidepresan trisiklik (TCA) seperti amitriptyline, imipramine, dan nortriptyline. Biasanya Dokter akan meningkatkan dosis obatnya secara perlahan lahan hingga dapat teratasinya rasa nyeri itu. 
  • Obat antikonvulsan seperti gabapentin dan pregabalin.

Itulah faktor penyebab dan cara menangani herpes zoster. Herpes zoster ini pada umumnya bukan tergolong kedalam penyakit yang serius atau akan berakibat fatal dan akan sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu 14 hingga 28 hari.

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email