IBX5AB59D2A8A617
Home » » Tingkatkan Daya Ingat dengan Mind Mapping

Tingkatkan Daya Ingat dengan Mind Mapping

Posted by cuapguru on Tuesday, July 31, 2018

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Apa kabar sahabat semuanya? Semoga selalu dalam lindungan Allah. Omong-omong, kali ini www.cuapguru.com ingin berbagi pengalaman tentang teknik mengingat yang efektif dengan menggunakan mind mapping. Apa sahabat pernah menggunakan teknik mind mapping juga? Atau, pernahkah membuat catatan dengan teknik mind mapping? 

Kalau saya, pernah membuat catatan dengan mind mapping di saat saya sangat memerlukan cara efektif menghafal banyak materi. Contohnya saat mau menghadapi sebuah ujian. Ujian dengan materi teori yang terlalu banyak. Jika tidak disiasati dengan baik, saya khawatir pikiran saya tidak mampu menampung terlalu banyak hafalan. Kemudian saya tidak mau berakhir kepada ingatan yang kurang baik.

Mind Mapping adalah teknik memetakan ingatan dengan meniru cara otak menyimpan informasi. Teknik mind mapping ini mulanya ditemukan oleh Tony Buzan pada akhir masa tahun 1960. Seiring dengan berkembanganya pemakaian setelah ditemukan. Banyak peneliti yang mencari tahu keefektifan teknik mind mapping ini dan terbukti memang berhasil membuat daya ingat meningkat.

By the way, teknik mencatat mind mapping ini merupakan teknik mencatat yang banyak menggunakan gambar sebagai bantuan mengingat. Juga, menggunakan keyword untuk tambahannya. Namun, pokoknya adalah bentuk catatan yang dimulai dari tengah dan memiliki banyak cabang sebagai catatannya. Dan ciri dari cabang mind mapping adalah garis cabang yang melengkung. Kenapa? Karena ritme otak lebih menyukai garis lengkung daripada garis lurus.

Berikut contoh catatan dengan teknik mind mapping:
sumber gambar: pixabay.com
Kelebihan mencatat menggunakan mind mapping
  • keyword pokok yang berada di tengah, membuat otak bisa lebih fokus secara natural 
  • gambar pada keyword pokok akan membuat pikiran mejadi lebih fokus lagi. Hal ini meningkatkan aktifitas otas yang sangat baik untuk mulai belajar dan mengingat.
  • variasi bentuk berupa lengkungan cabang-cabang, warna, gambar, dan kata kunci menjadikan ingatan jauh lebih baik
  • merangkum suatu materi pelajaran/catatan dengan sangat rapih dan terorganisir sehingga gampang untuk di falshback atau gampang jika kita ingin mengulang-ulang review catatan dengan hanya sekali pandang
  • satu kata kunci memberikan energi lebih untuk otak mengingat cepat karena sifat nya menjadi fleksibel
  • membuat mind mapping meningkatkan kreatifitas
  • membuat membaca materi pelajaran menjadi lebih menyenangkan 
  • membuat lebih paham akan materi yang dicatat, karena kita secara langsung yang mengidentifikasi bagian per bagian dan mengorganisir nya menjadi sebuah konsep peta
  • sebuah gambar bisa memiliki lebih banyak makna daripada seribu kata
Banyaknya kelebihan dari teknik mind mapping, selain membuat saya menggunakannya secara pribadi. Juga membuat saya menggunakannya pada pembelajaran di kelas. Saya mencobakannya di kelas dalam pembelajaran ketika ingin membuat siswa lebih memahami teks bacaan. 

Ketika dicobakan penerapannya di kelas, ternyata hasilnya memang sangat baik. Siswa jadi mencatat dengan lebih baik karena kegiatan mencatat menjadi menyenangkan. Mereka beradu saing dalam membuat mind mapping. Kemudian mereka menjadi lebih cepat dalam mengingat materi dari teks yang telah mereka buat mind map tersebut.

Cara Membuat Mind Map
  1. Mulailah di bagian tengah. Tuliskan keyword untuk judul materi
  2. Buatlah gambar sebagai simbol dari judul materi yang telah ditulis.
  3. Buatlah beberapa cabang utama yang dihubungkan dengan simbol dan judul tersebut.
  4. Tuliskan keyword pada garis cabang utama.
  5. Cabang berbentuk garis lengkungan.
  6. Hubungkan cabang tingkat kedua pada cabang utama. Kemudian, jika ada, hubungkan cabang tingkat ketiga pada cabang tingkat kedua.
  7. Tuliskan satu kata kunci saja pada setiap cabang
  8. Gunakan gambar di kesemua kata kunci
Gampang, bukan? Mind Mapping menjadi solusi yang sangat baik untuk mengatasi banyak nya materi yang harus dihafalkan. Semoga menjadi kebaikan. Aamiin Ya rabbal Alamin.

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

9 komentar:

  1. Penting banget nih buat mind map, kalau ada mind map pekerjaan kita lebih jelas

    ReplyDelete
  2. wihh tkns banget atas informasinya

    ReplyDelete
  3. Dulu pernah banget diajari, tapi belum pernah aplikasi terus2 san. Kadang cara belajar orang beda2 sih

    ReplyDelete
  4. mind mapping ini juga saya terapkan sebelum nulis di blog, supaya point-point'nya dapet. Kalo nggak gitu kadang bingung seperti ngglambyar kata orang Jawa hihihi.

    ReplyDelete
  5. Terus terang aku jarang banget pakai mind mapping. Udah sering dengar soal keunggulannya padahal

    ReplyDelete
  6. Saya juga mengajarkan anak-anak membuat mind mapping untuk belajar. Memang mereka jadi lebih mudah belajarnya.

    ReplyDelete
  7. Dulu pas masih kerja suka bikn mind maping kalau mau bikin rencana kerja, hihihi..sekarang udah lama nggak, jadi kembali diingatkan

    ReplyDelete
  8. Aku sering menggunakanmind mapping sih kak dan sangat ngebantu banget dalam membuat rencana kerja dengan mide yang segambreng hehehe

    ReplyDelete
  9. Tadinya aku mau bilang kalau aku buka tipe orang yang bisa baca mindmap..hiihi..karena kesulitan baca, otomatis kesulitan bikin.

    Llau tersadar,
    Sepertinya aku bukan gak bisa, tapi gak terbiasa.

    Siap berubah.

    ReplyDelete

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email