Skip to main content

Lebaran ke Pantai Sungai Suci

Lebaran kali ini saya dan keluarga sempatkan ke Pantai Sungai Suci, salah satu destinasi wisata populer di Provinsi Bengkulu. Lokasi tepatnya berada di Pasar Pedati, Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah.
pantai sungai suci
Pantai Sungai Suci
Saya dan keluarga (Ayah, Ibuk, Ardi dan Daurez) berangkat lengkap dengan bekal makanan. Rencana kami memang mau makan siang di sana. Tapi sebelum pergi ke Pantai Sungai Suci, kami bersilaturahmi dulu ke beberapa rumah kerabat yang letaknya memang tak begitu jauh dari Pantai Sungai Suci.

Sebenarnya, Pantai Sungai Suci ini populer dengan nama "Sungai Suci". Bahkan ada salah satu lagu daerah Bengkulu yang menceritakan tentang keindahan sungai suci.

Oh Sungai Suci tempek nan elok
Nan menawan hati
tempek pariwisata
berjalan-jalan bersuka ria

kemano-mano lah elok nian tiado duonyo
tempek menghibur hati
dan duka lara
beganti bahagia

Oh Sungai Suci lah terkenal sejak dulu kalo
bertebaran warna-warni batu mulia

Di hari minggu
banyak lah orang nang pai ke situ 
tiado lupo bekalnyo
gitar kek gendang main besamo

pantai sungai suci
Jembatan Gantung hits beberapa tahun belakangan ini
Meski di lirik lagu itu ada bertebaran batu mulia yang berwarna-warni. Sampai sekarang saya belum menemukan sejarah mau pun fakta lapangannya tentang ada atau tidak batu warna-warni itu. Yang jelas, kini, objek wisata pantai sungai suci terkenal dengan jembatan gantungnya.

Jebatan gantung ini dibuat sekita 3-4 tahun lalu. Biaya untuk bisa naik jembatan ini adalah Rp. 5000/ orang. Sayangnya waktu kami ke sini hari hujan. Ibu saya enggan untuk melalui jembatan itu. Beliau khawatir terpeleset. Kami akhirnya hanya melihat-lihat pemandangan saja.

Di hari-hari biasa, Pantai Sungai Suci ini tergolong sangat sepi. Tak ada juga petugas keamanan yang berjaga. Tak banyak pula orang berjualan makanan atau pun minuman. Untuk menuju lokasi, dari jalan raya, cukup jauh dan melewati perkebunan. Rumah penduduk pun sangat sedikit. 

Di lokasi wisata ini belum ada masjid. Jadi, kami sholat di rumah dulu sebelum berangkat ke sana. Ada beberapa masjid tak jauh dari lokasi tapi terlihat tak terawat. Bahkan seolah tak dipakai. 

Di saat suasana lebaran seperti sekarang, wisata pantai sungai suci ramai pengunjung. Petugas basarnas pun ada berjaga di sana. Ada juga pos-pos polisi di beberapa titik. Untuk masuk ke lokasi wisata. Tiketnya Rp 2000/ orang. Dan parkir mobil Rp 5000. Area parkir sangat luas. Area di bawah tanaman kelapa dan sawit menjadi parkiran. 

Ardi, Daurez, Ibuk, dan Ayah.
Pantai Sungai Suci ini konturnya berbukit-bukit, bergelombang. Jadi saya memakai sandai jepit supaya bisa wara-wiri dengan leluasa. Dua adik saya memilih memakai sepatu. Ayah dan ibu saya memakai sandal.

baca pula:
Santapan Mata di Puncak Lawang
Ke Padang Panjang

Comments

  1. Naik jembatan gantungnya pakai bayar Mbak? Hoho. Ok bookmark ah kalau ke sana

    ReplyDelete
  2. Wah terdengar dari namanya saja sudah bikin ku penasaran, sesuci apakah tempat tersebut.
    Tapi pas ketika baca artikel ini, sangat luar biasa lokasinya. apalagi dengan jembatan yang sedemkian rupa. Memanglah Indonesia ini surganya destinasi wisata.

    ReplyDelete
  3. Instagramable banget yaaa
    Aku suka tuh pantai yg gak hanya pasir, ada bukit atau batunya jadi kelihatan beda. Aku kalau lewat jembatan model gitu aslinya agak serem, hahaha

    Maaf lahir batin

    ReplyDelete
  4. Pantainya belum banyak dilirik buat liburan, pasti masih bersih nih. Pemerintah daerah harus cepat tanggap untk segera menyediakan sarana dan prasarana yang memadai seperti toilet dan juga tong sampah yang banyak supaya bersih. Harus juga ada papan pengunguman dan petunjuk yang cukup.

    ReplyDelete
  5. Dah lama ga ke Sungai Suci, nanti kalau Ichi sudah besar mau ah main ke situ

    ReplyDelete
  6. Bengkuluuu...
    Pantainya mashaAllah indahnya.

    Membayangkan semilir angin segar pantai...
    Yes, i need vitamin seaaa...

    ReplyDelete
  7. Duh, udah lama ga mantai nih.

    Kl misalnya tempatnya msh sepi, jd semuanya mesti bawa dr rumah ya kyk makanan gitu, takutnya sampe sana ga ada yg jualan ya?

    Jembatan gantungnya lucu buat foto2 pastinya hehehe :D

    ReplyDelete
  8. Tiket masuknya murah banget yaaa, nggak menguras kantong banget nih kalo main ke sana

    ReplyDelete
  9. Keren konsep jembatannya. Tingginya berapa meter ya itu?

    Spot di seberang jembatannya gak dijelaskan ya? Ada yg spesial kah sampai naik jembatannya ditarif begitu? :-)

    ReplyDelete
  10. Sekilas mirip goa watu lawang di pantai gunung kidul jogja. Kalau lagi surut bisa lewat, kalau lagi pasang langsung mendelep jembatannya. Serem, mana ombak kenceng lagi. Hahaha. Tapi penasaran mau nyoba yang di sungai suci itu

    ReplyDelete
  11. Kalo masih sepi begini aku agak ragu buat dateng, takut permandiannya kurang wkwkw

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pendaftaran SabangMerauke 2018

Pendaftaran program dibuka selama 2 Februari - 31 Maret 2018.
Program SabangMerauke (Seribu Anak Bangsa Merantau Untuk Kembali) adalah program pertukaran pelajar antardaerah di Indonesia yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai toleransi, pendidikan, dan keindonesiaan. SabangMerauke akan mengajak anak-anak terpilih dari berbagai penjuru nusantara untuk merantau selama tiga minggu di Jakarta serta beraktivitas dengan kakak dan famili yang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Diharapkan, para peserta dapat meresapi nilai toleransi, pendidikan, dan keindonesiaan sehingga mampu mengamalkannya dengan menjadi duta perdamaian sekembalinya ke daerah asal masing-masing.
Peserta program terdiri dari Adik SabangMerauke (ASM), Kakak SabangMerauke (KSM), dan Famili SabangMerauke (FSM). Kurikulum program disusun untuk memperkaya pandangan dan pengalaman para ASM, KSM, dan FSM terkait keberagaman yang ada di Indonesia. Tujuannya, tak lain adalah untuk menanamkan rasa toleransi pada ses…

SM3T

SM3T singkatan dari Sarjana Mendidik di daerah terdepan, terluar, tertinggal adalah program yang digagas untuk membantu pemenuhan kekurangan tenaga pendidik di daerah tersebut. Program ini diperuntukkan bagi sarjana kependidikan yang belum lama diwisuda. Selain dari membantu pemenuhan tenaga pendidik, program ini juga bermaksud menciptakan guru generasi baru yang cerdas, mandiri, dan tangguh.
Selain dari segi pendidikan program SM3T juga merupakan program budaya. Program SM3T dimaksudkan sebagai sarana saling mengenal antar suku bangsa. Karena itulah ada sistem silang, yakni sarjana yang lulus program SM3T akan ditempatkan ke daerah sasaran SM3T yang jauh dari daerah asalnya. Yang berasal dari timur, diutus ke barat. Yang berasal dari barat diutus ke timur. Kira-kira begitulah sistemnya.
Berikut daerah sasaran SM3T tahun 2016.

Silang budaya menjadi data tarik tersendiri dari program SM3T. Di mana kebanyakan peserta tes SM3T mengaku ikut SM3T karena ingin merasakan silang budaya seperti i…

Susunan tempat duduk bentuk tapal kuda

Susunan tempat duduk peserta didik adalah salah satu bagian dari manajemen kelas. Banyak hasil penelitian yang telah membuktikan pengaruh tempat duduk terhadap prestasi peserta didik itu benar adanya. Ada berbagai cara susunan tempat duduk yang biasa digunakan di dalam kelas ketika kegiatan belajar mengajar. Dan pilihan bagaimana susunan tempat duduk tentu ditentukan oleh gurunya.
Setiap guru sudah pasti memiliki gaya tersendiri dalam mengajar. Tapi, kebanyak guru akan tetap memilih susunan tempat duduk yang sudah ada. Mungkin karena hal ini memang pilihan yang mudah. Terlebih, waktu yang tersedia kadang tidak cukup jika materi yang akan diajarkan sedang banyak.
Terkadang tak ada salahnya sesekali mengubah susunan tempat duduk peserta didik. Meski memakan beberapa waktu. Saya suka mengganti-ganti susunan tempat duduk karena mereka butuh variasi. Dan susunan tempat duduk favorit saya ada bentuk tapal kuda atau bentuk U.
Berdasarkan pengalaman saya, susunan bentuk tapal kuda ini efektif un…