Skip to main content

Apa saja yang dilakukan saat KKN?

Pergi dari satu daerah ke daerah lain adalah kegiatan yang sangat saya suka. Sehingga pada tengah tahun 2013 saat pendaftaran program Kuliah Kerja Nyata (KKN), saya dan sahabat mendaftar program KKN bersama. Nurhasanah dan Uswatun Khasanah adalah sahabat yang memiliki hobi yang sama. Sama-sama suka pergi ke daerah baru. Kami berpikir sangat menyenangkan jika selalu bisa menambah pengalaman. Apalagi terkait mengenal kedaerahan Indonesia.

Program KKN bersama diselenggarakan Universitas Sriwijaya, Universitas Bengkulu, Universitas Riau dan Universitas Jambi. Waktu itu ditujukan ke Kabupaten Musi Banyu Asin. Kabupaten perbatasan Provinsi Sumatera Selatan terhadap Jambi. Kabupaten ini terkenal dengan sungainya yang banyak dan besar.

talang kapur
Juli 2013. Ternyata sungai Talang Kapur sudah mengering. Hanya terlihat padang rumput yang luas dan perahu yang tua.
Jarak dari Kota Bengkulu ke Kota Palembang adalah 451,2 km lewat Sekayu. Dan dari Kota Palembang ke Musi Banyu Asin jaraknya adalah 155,5 km lewat jalan Palembang-Jambi. Kami ber tujuh dari Universitas Bengkulu, Nurhasanah, Uswatun, Richi, Ismi, Ari, dan Hendri.

Dari kami bertujuh, yang mendapat desa yang sama hanya saya dan Nurhasanah saja. Yang lain dapat lokasi yang sangat jauh dari kami berdua. Saya dan Nurhasanah dapat satu desa yang terbagi menjadi dua dusun. Saya di dusun Talang Kapur dan Nurhasanah di dusun sebelahnya.

Kelompok Talang Kapur ada tujuh orang mahasiswa. Ada Widi dari Universitas Sriwijaya tapi orang Lampung. Widi kuliah jurusan pertanian. Ada Ari dari Universitas Sriwijaya dari Prabumulih. Ari kuliah jurusan administrasi negara. Ada Helen dari Universitas Sriwijaya. Helen kuliah jurusan sosiologi. Ada Guti dari Universitas Sriwijaya. Guti kuliah jurusan teknologi hasil perikanan. Ada Siska dari Universitas Sriwijaya. Siska kuliah jurusan pendidikan bahasa Indonesia. Ada Aliman dari Universitas Riau. Aliman kuliah jurusan perikanan.

Kami bertujuh dititip di rumah Kepala Dusun. Rumahnya sangat luas dan kamarnya cukup untuk kami. Keluarganya sangat baik. Kami bertujuh juga langsung klop tanpa ada perselisihan yang berarti. Kami pun memulai kehidupan di sana dengan nyaman. 
UNIB
Guti, Saya, dan Helen di halaman rumah tempat tinggal.
Apa saja yang dilakukan saat KKN?
  1. Sosialisasi Pajak. KKN ini terselenggara juga karena kerjasama dengan Dinas Perpajakan. Jadi tugas utama datang ke Talang Kapur kami kali ini adalah sosialisasi tentang pajak. Dari Palembang memang sudah dibekali materi pajak. Dan ke Talang Kapur juga membawa bahan materi pajak.
  2. Bimbel. Kami memutuskan membuat program bimbel. Dan ternyata anak-anak di sana sangat antusias dalam belajar. Mereka setiap hari datang untuk belajar. Mereka membawa peralatan tulis lengkap. Rumah pun jadi sangat ramai. Kami mengajarkan apa saja yang kami bisa. 
  3. Mengajar ke sekolah. Mengajar ke sekolah ini adalah kegiatan gabungan dengan dusun sebelah. Karena sekolahnya adalah untuk dua dusun itu. Kelompok kami bergabung dengan kelompok Nurhasanah. Sekolahnya juga ada dua. Ada sekolah dasar dan ada juga sekolah menengah pertama. 
  4. Gotong Royong. Menjelang bulan Ramadhan, kami bersama masyarakat bergotong royong membersihkan lingkungan. Lingkungan di sana sangat hijau. Udara terasa selalu dingin. Tapi di sana banyak sekali ternak sapi. Dan sapi-sapi ini tidak di kandang. 
  5. Pembuatan pupuk. Karena di kelompok kami ada mahasiswa pertanian, beliau membuat program pembuatan pupuk. Idenya membuat pupuk dari kotoran sapi yang memang banyak di sana.
  6. Pembuatan kolam ikan. Ini diinisiasi teman yang memang jurusan perikanan. Beliau membuatkan kolam ikan sederhana di samping rumah kami tinggal. Kolam tersebut dibuat dengan menggunakan papan kayu dan terpal.
  7. Pelatihan kreasi jilbab. Nah kalau yang ini diawali dengan ibu-ibu yang melihat gaya jilbab teman-teman yang manis. Jadi pelatihan ini atas permintaan ibu-ibu.
  8. Pelatihan masak. Pelatihan masak juga atas permintaan ibu-ibu. Kami juga memiliki teman ahli masak. Beliau mengajarkan cara membuat nuget.
  9. Berjualan takjil. 
pajak
Bersama perangkat desa selepas sosialisasi pajak
Hal paling berkesan dari program KKN bersama ini adalah persahabatan yang begitu mudah terjalin. Walau baru mengenal, kami langsung akrab seperti sudah menjadi keluarga sendiri. 

Selain itu, hal yang tak kalah berkesan adalah makanan khas, pempek. "Tiada hari tanpa pempek", mungkin begitu tepatnya.

Comments

  1. KKN mmg selalu meninggalkan kesan yg tak terlupakan y mbx..

    ReplyDelete
  2. Kayaknya beberapa program mbx jga mesti kami terapkan d lokasi KKN ni mbx. Hehee

    ReplyDelete
  3. KKNku dulu penuh drama Mbak. Soalnya pas bulan puasa & harus curi-curi waktu untuk kerja juga. Sempat kena bully sama temen haha. Tapi untung sudah lewat & nilainya pun oke. ^^

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah saya sudah melewati fase KKN ini...KKN memang seru.

    ReplyDelete
  5. Enak nih yg bisa kkn ke luar provinsi, banyak pengalaman dan banyak dapat teman baru

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pendaftaran SabangMerauke 2018

Pendaftaran program dibuka selama 2 Februari - 31 Maret 2018.
Program SabangMerauke (Seribu Anak Bangsa Merantau Untuk Kembali) adalah program pertukaran pelajar antardaerah di Indonesia yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai toleransi, pendidikan, dan keindonesiaan. SabangMerauke akan mengajak anak-anak terpilih dari berbagai penjuru nusantara untuk merantau selama tiga minggu di Jakarta serta beraktivitas dengan kakak dan famili yang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Diharapkan, para peserta dapat meresapi nilai toleransi, pendidikan, dan keindonesiaan sehingga mampu mengamalkannya dengan menjadi duta perdamaian sekembalinya ke daerah asal masing-masing.
Peserta program terdiri dari Adik SabangMerauke (ASM), Kakak SabangMerauke (KSM), dan Famili SabangMerauke (FSM). Kurikulum program disusun untuk memperkaya pandangan dan pengalaman para ASM, KSM, dan FSM terkait keberagaman yang ada di Indonesia. Tujuannya, tak lain adalah untuk menanamkan rasa toleransi pada ses…

SM3T

SM3T singkatan dari Sarjana Mendidik di daerah terdepan, terluar, tertinggal adalah program yang digagas untuk membantu pemenuhan kekurangan tenaga pendidik di daerah tersebut. Program ini diperuntukkan bagi sarjana kependidikan yang belum lama diwisuda. Selain dari membantu pemenuhan tenaga pendidik, program ini juga bermaksud menciptakan guru generasi baru yang cerdas, mandiri, dan tangguh.
Selain dari segi pendidikan program SM3T juga merupakan program budaya. Program SM3T dimaksudkan sebagai sarana saling mengenal antar suku bangsa. Karena itulah ada sistem silang, yakni sarjana yang lulus program SM3T akan ditempatkan ke daerah sasaran SM3T yang jauh dari daerah asalnya. Yang berasal dari timur, diutus ke barat. Yang berasal dari barat diutus ke timur. Kira-kira begitulah sistemnya.
Berikut daerah sasaran SM3T tahun 2016.

Silang budaya menjadi data tarik tersendiri dari program SM3T. Di mana kebanyakan peserta tes SM3T mengaku ikut SM3T karena ingin merasakan silang budaya seperti i…

Susunan tempat duduk bentuk tapal kuda

Susunan tempat duduk peserta didik adalah salah satu bagian dari manajemen kelas. Banyak hasil penelitian yang telah membuktikan pengaruh tempat duduk terhadap prestasi peserta didik itu benar adanya. Ada berbagai cara susunan tempat duduk yang biasa digunakan di dalam kelas ketika kegiatan belajar mengajar. Dan pilihan bagaimana susunan tempat duduk tentu ditentukan oleh gurunya.
Setiap guru sudah pasti memiliki gaya tersendiri dalam mengajar. Tapi, kebanyak guru akan tetap memilih susunan tempat duduk yang sudah ada. Mungkin karena hal ini memang pilihan yang mudah. Terlebih, waktu yang tersedia kadang tidak cukup jika materi yang akan diajarkan sedang banyak.
Terkadang tak ada salahnya sesekali mengubah susunan tempat duduk peserta didik. Meski memakan beberapa waktu. Saya suka mengganti-ganti susunan tempat duduk karena mereka butuh variasi. Dan susunan tempat duduk favorit saya ada bentuk tapal kuda atau bentuk U.
Berdasarkan pengalaman saya, susunan bentuk tapal kuda ini efektif un…