Skip to main content

SALAM PELAJAR PADANG UNTUK PELAJAR DI 3T

3t
Ketika saya di Padang, saya menyempatkan diri meminta pendapat beberapa pelajar untuk menyampaikan beberapa kata dari mereka yang diperuntukkan bagi pelajar di daerah terdepan, terluar, atau tertinggal.
Berikut yang mereka sampaikan.
1.    Bercermin kepada orang yang sukses, karena tidak semua orang 3T akhirnya jadi itu-itu saja. Ada kok yang jadi pejabat, dokter, pilot, dan lain-lain. Introspeksi diri dan gali bakat yang terpendam. (M. Restu Raimon)
2.   Gunakan cahaya matahari yang tak terbatas untuk mendapatkan listrik
3.   Miliki buku yang sangat banyak jika sulit untuk internetan. (Aldo Alfaru)
4.   Nikmati hidupmu dengan baik dan selalu positif thinking.
5.   Belajar sambil bermain.
6.   Jangan ada kata “terpaksa”. (Acasia Gieta P)
7.   Saling mengerti satu sama lain (pelajar-guru) dan gunakan media alam.
8.   Bernyanyi dalam bahasa inggris.
9.   Siap sedia kamus dan belajar secara berkelompok.
10. Ingat selalu bahwa sesuatu berawal dari niat dan mimpi.
3t
11. Menyanyikan lagu-lagu bahasa Inggris dan menerjemahkannya. (Nadhifa Amira B)
12. Berusaha berdoa dan terus bersabar. (Ananda Rizky)
13. Bersungguh-sungguh. Dan jangan malu dengan kekurangan kita. Kalahkan sifat pemalas, tumbuhkan sifat rajin untuk diri kita. (M. Hurry Fikhri)
14. Bahasa Inggris itu cantik when kita pronounce. (Rey Yose)
15. Jangan lupa shalat dan ngaji. (Kesya)
16. Belajar dari alam. (Riad)
17. Bertanya jika tidak mengerti. Jangan diam/dipendam pertanyaan itu. Gunakan waktu sebaik-baiknya. Kesempatan tidak datang dua kali.
18. Tetap semangat dalam keadaan apa pun. (Kurnia hadi Putra)
19. Gunakan sarana apa saja yang ada.
20.       Siswa di 3T adalah pahlawan di sudut desa. (Aldi Indra Saputra)
3t
21. Belajar harus dengan senang hati.
22.       Bahasa Inggris harus dimiliki. (Eryka Santy Ayu)
23.       Jaga kebersihan sekolah agar nyaman. (Trisanti)
24.       Banyak istigfar. (Cici)
25.       Manfaatkan waktu luang untuk membaca buku. Selalu disiplin dalam belajar. (Titi Summaiati)
26.       Jangan menyiakan waktu. (NadilaAprilyra)
27.       Jangan marah jangan mendongkol dengan keadaan.
28.       Belajar sungguh-sungguh. Capai cita-cita. Dan jadilah orang berguna di dunia ini. (Abi Aufa Rahman)
29.       Patuh sama guru.
30.       Harus rajin jangan muak.
3t
31.       Hal terpenting adalah ketekunan. (M. Rofiq)
32.       Menghafal vocab minimal 3 perhari (Faquita Bachtera Suhandari)
33.       Walaupun di daerah tertinggal. Kalian harus maju. Biarkan daerah tempat kalian tinggal yang tertinggal pastikan kalian maju dan tidak tertinggal.
   Setelah menyampaikan pendapat, mereka pun turut mendoakan yang terbaik untuk pelajar di 3T.
baca pula:

Comments

Popular posts from this blog

Pendaftaran SabangMerauke 2018

Pendaftaran program dibuka selama 2 Februari - 31 Maret 2018.
Program SabangMerauke (Seribu Anak Bangsa Merantau Untuk Kembali) adalah program pertukaran pelajar antardaerah di Indonesia yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai toleransi, pendidikan, dan keindonesiaan. SabangMerauke akan mengajak anak-anak terpilih dari berbagai penjuru nusantara untuk merantau selama tiga minggu di Jakarta serta beraktivitas dengan kakak dan famili yang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Diharapkan, para peserta dapat meresapi nilai toleransi, pendidikan, dan keindonesiaan sehingga mampu mengamalkannya dengan menjadi duta perdamaian sekembalinya ke daerah asal masing-masing.
Peserta program terdiri dari Adik SabangMerauke (ASM), Kakak SabangMerauke (KSM), dan Famili SabangMerauke (FSM). Kurikulum program disusun untuk memperkaya pandangan dan pengalaman para ASM, KSM, dan FSM terkait keberagaman yang ada di Indonesia. Tujuannya, tak lain adalah untuk menanamkan rasa toleransi pada ses…

SM3T

SM3T singkatan dari Sarjana Mendidik di daerah terdepan, terluar, tertinggal adalah program yang digagas untuk membantu pemenuhan kekurangan tenaga pendidik di daerah tersebut. Program ini diperuntukkan bagi sarjana kependidikan yang belum lama diwisuda. Selain dari membantu pemenuhan tenaga pendidik, program ini juga bermaksud menciptakan guru generasi baru yang cerdas, mandiri, dan tangguh.
Selain dari segi pendidikan program SM3T juga merupakan program budaya. Program SM3T dimaksudkan sebagai sarana saling mengenal antar suku bangsa. Karena itulah ada sistem silang, yakni sarjana yang lulus program SM3T akan ditempatkan ke daerah sasaran SM3T yang jauh dari daerah asalnya. Yang berasal dari timur, diutus ke barat. Yang berasal dari barat diutus ke timur. Kira-kira begitulah sistemnya.
Berikut daerah sasaran SM3T tahun 2016.

Silang budaya menjadi data tarik tersendiri dari program SM3T. Di mana kebanyakan peserta tes SM3T mengaku ikut SM3T karena ingin merasakan silang budaya seperti i…

Susunan tempat duduk bentuk tapal kuda

Susunan tempat duduk peserta didik adalah salah satu bagian dari manajemen kelas. Banyak hasil penelitian yang telah membuktikan pengaruh tempat duduk terhadap prestasi peserta didik itu benar adanya. Ada berbagai cara susunan tempat duduk yang biasa digunakan di dalam kelas ketika kegiatan belajar mengajar. Dan pilihan bagaimana susunan tempat duduk tentu ditentukan oleh gurunya.
Setiap guru sudah pasti memiliki gaya tersendiri dalam mengajar. Tapi, kebanyak guru akan tetap memilih susunan tempat duduk yang sudah ada. Mungkin karena hal ini memang pilihan yang mudah. Terlebih, waktu yang tersedia kadang tidak cukup jika materi yang akan diajarkan sedang banyak.
Terkadang tak ada salahnya sesekali mengubah susunan tempat duduk peserta didik. Meski memakan beberapa waktu. Saya suka mengganti-ganti susunan tempat duduk karena mereka butuh variasi. Dan susunan tempat duduk favorit saya ada bentuk tapal kuda atau bentuk U.
Berdasarkan pengalaman saya, susunan bentuk tapal kuda ini efektif un…