Home » » Tips Menghadapi UKM PPG

Tips Menghadapi UKM PPG

Posted by cuapguru on Monday, April 2, 2018

ukm ppg
sumber gambar: pixabay.com
UKM PPG atau Ujian Kompetensi Mahasiswa PPG adalah hal yang sangat menantang. Dengan waktu belajar yang sangat sedikit dan beban psikologi yang banyak, mahasiswa PPG perlu strategi yang tepat untuk menghadapinya.

Berikut adalah hal yang sederhana tapi penting untuk dilakukan.

1. Meningkatkan ibadah
Mengapa? Karena untuk ketenangan hati. Hal utama dalam menghadapi sesuatu yang sulit adalah ketenangan hati. Perbanyak amalan ibadah. Mendekat pada sang pencipta segala kesulitan dan segala kemudahan. Maksimalkan. Lakukan ibadah apa pun yang bisa dilakukan. Sempatkan dan paksakan diri.

2. Fokus
Berusahalah untuk benar-benar fokus. Tinggalkan dulu segala bentuk hobi. Pusatkan pikiran pada persiapan menghadapi ujian. Jika terasa lelah, beristirahatlah dengan tidur. Istirahat terbaik pada saat menghadapi ujian ini adalah tidur. 

Berdasarkan ilmu otak, tidur adalah saat dimana otak kita menyusun memori yang baru saja masuk. Setalah disusun dengan apik. Kemudian otak yang sudah sangat lelah belajar membutuhkan tidur untuk merefres kinerja otak berikutnya. 

3. Belajar
Yang pertama harus dilakukan adalah belajar sesuai kisi-kisi. Sebaiknya kisi-kisi diprint dan ditandai materinya. Kuasai semua hal yang termasuk dikisi-kisi. Manfaatkan setiap waktu untuk terus belajar dan menguasai semua materi tersebut.

Kemudian, print semua soal UKM dari tahun-tahun sebelumnya. Sebaiknya semua soal yang pernah ada tuntas dipelajari. Dalam mempelajari soal. Yang perlu diperhatikan adalah tipe soal. Bagaiman bentuk soal yang biasa muncul dan analisis bagaimana cara menemukan jawabannya.

Penting untuk tidak terpengaruh dengan omongan orang. Misalnya dikatakan "Jangan terlalu rajin". Abaikan saja. Yakinkan diri bahwa ujian ini sangat penting untuk bisa dihadapi dan lulus. Dan semaksimal apa belajar kita sangat berpengaruh terhadap kelulusan.

4. Suplemen
Makanlah makanan yang baik untuk otak, stamina, dan ketahanan tubuh. Misalnya buah-buahan yang baik untuk otak, seperti anggur. Atau cokelat yang baik untuk kebagaiaan otak. Dan madu yang merupakan makanan utama dengan segala manfaatnya.

5. Doa
Selain doa diri kita sendiri. Yang terbaik adalah meminta doa dari orang lain. Terutama dengan ibu dan ayah. Semua keluarga dan semua yang kita kenal. Jangan sungkan. Doa dari orang lain itu sangat perlu.

6. Tidak mengeluh
Hentikan semua keluhan. Semua penyesalan. Hentikan semua umpatan. Kepada siapa pun itu. Karena mengeluh itu menghabiskan energi. Lebih baik energi yang ada untuk mengeluh itu digunakan untuk belajar. Selain menghabiskan energi, mengeluh juga hanya memecah konsentrasi dan sangat tidak baik untuk kestabilan diri.

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

2 komentar:

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email