Skip to main content

Ruqyah

ruqyah
pixabay.com
Definisi ruqyah
1. Bahasa
AR-RUQYAH. Bentuk jamaknya AR-RUQO. Artinya Jampi, Mantera, Suwuk, Rapal.

2. Istilah
Segala ungkapan yang digunakan sebagai doa untuk kesembuhan, perlindungan/penjagaan, penguatan, kelancaran, kemudahan,dst.

Jenis Ruqyah
1. Ruqyah Syirkiyyah/Jahiliyyah
Ruqyah/matera yang keseluruhan atau sebagiannya mengandung kesyirikan/kejahiliyahan atau tidak sesuai dengan syari'at Islam

2. Ruqyah Syar'iyyah
Ruqyah/matera yang diperbolehkan dan sesuai dengan kaidah syari'at Islam

Dalil:
Dari sahabat 'Auf bin Malik ra dia berkata: Kami dahulu meruqyah di masa Jahiliyyah, maka kami bertanya: "Ya Rosulullah, bagaimana menurut pendapatmu?" Beliau menjawab: "Tunjukkan padaku Ruqyah (mantera) kalian itu. Tidak mengapa mantera itu selama tidak mengandung kesyirikan". (HR. Muslim)

3. Ruqyah Da'wiyyah
Ruqyah/mantera Syar'iyyah yang pelaksanaannya lebih mengutamakan aspek-aspek dan kaidah-kaidah serta target-target da'wah disamping berfungsi sebagai terapi.

Diantara definisi Ruqyah (Syar'iyyah) dari segi keilmuan:
Ruqyah merupakan suatu ilmu dari bagian ilmu-ilmu yang didalamnya mengandung segala hal yang berasal dari Al-Quran yang Mulia dan Sunnah Nabawiyyah yang Suci. Dan bahwa orang yang meruqyah menggunakan ayat-ayat ALLAH swt (dan do'a do'a Nabi) dengan penuh keimanan dan keyakinan yang sangat kuat (bahwa dengan izin ALLAH ayat dan do'a itu) memberi dampak kebaikan kepada orang yang sakit (penderita).

Ibnu Hajar mengutip pendapat Imam Nawawi:
"Ijma' Ulama sepakat bahwa boleh melakukan Ruqyah dengan memenuhi 3 syarat".
1. Hendaklah dilakukan dengan kalamulloh atau Asamaa dan SifatNya
2. Hendaklah dengan bahasa arab atau bahasa lain yang dimengerti (yang tidak mengandung kesyirikan)
3. Berkeyakinan bahwa bukanlah pelaksanaan ruqyah itu semata-mata yang memberi pengaruh tetapi ALLAH swt yang memberikannya.

Diantara bacaan ayat-ayat ruqyah yang sering digunakan sebagai berikut:
Al Fatihah
Al Kafirun
Ayat Kursi
Al Ikhlas
An Naas
Al Falaq
Al Baqarah 1-5, 102, 163-164, 255, 258-286
Al Imran 18-19
Al A'raf 54-56, 117-122
Al Hasyr 21-24
Yunus 81-82
Thaha
Al Mu'minun 33-36
Ash Shoffat 1-10
Al Ahqaf 29-32
Ar Rahman 33-36
Al Jin 1-9

rujukan:
Ustadz Hizbullah Al Mubarak, Lc

baca pula:

Comments

Popular posts from this blog

Pendaftaran SabangMerauke 2018

Pendaftaran program dibuka selama 2 Februari - 31 Maret 2018.
Program SabangMerauke (Seribu Anak Bangsa Merantau Untuk Kembali) adalah program pertukaran pelajar antardaerah di Indonesia yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai toleransi, pendidikan, dan keindonesiaan. SabangMerauke akan mengajak anak-anak terpilih dari berbagai penjuru nusantara untuk merantau selama tiga minggu di Jakarta serta beraktivitas dengan kakak dan famili yang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Diharapkan, para peserta dapat meresapi nilai toleransi, pendidikan, dan keindonesiaan sehingga mampu mengamalkannya dengan menjadi duta perdamaian sekembalinya ke daerah asal masing-masing.
Peserta program terdiri dari Adik SabangMerauke (ASM), Kakak SabangMerauke (KSM), dan Famili SabangMerauke (FSM). Kurikulum program disusun untuk memperkaya pandangan dan pengalaman para ASM, KSM, dan FSM terkait keberagaman yang ada di Indonesia. Tujuannya, tak lain adalah untuk menanamkan rasa toleransi pada ses…

SM3T

SM3T singkatan dari Sarjana Mendidik di daerah terdepan, terluar, tertinggal adalah program yang digagas untuk membantu pemenuhan kekurangan tenaga pendidik di daerah tersebut. Program ini diperuntukkan bagi sarjana kependidikan yang belum lama diwisuda. Selain dari membantu pemenuhan tenaga pendidik, program ini juga bermaksud menciptakan guru generasi baru yang cerdas, mandiri, dan tangguh.
Selain dari segi pendidikan program SM3T juga merupakan program budaya. Program SM3T dimaksudkan sebagai sarana saling mengenal antar suku bangsa. Karena itulah ada sistem silang, yakni sarjana yang lulus program SM3T akan ditempatkan ke daerah sasaran SM3T yang jauh dari daerah asalnya. Yang berasal dari timur, diutus ke barat. Yang berasal dari barat diutus ke timur. Kira-kira begitulah sistemnya.
Berikut daerah sasaran SM3T tahun 2016.

Silang budaya menjadi data tarik tersendiri dari program SM3T. Di mana kebanyakan peserta tes SM3T mengaku ikut SM3T karena ingin merasakan silang budaya seperti i…

Susunan tempat duduk bentuk tapal kuda

Susunan tempat duduk peserta didik adalah salah satu bagian dari manajemen kelas. Banyak hasil penelitian yang telah membuktikan pengaruh tempat duduk terhadap prestasi peserta didik itu benar adanya. Ada berbagai cara susunan tempat duduk yang biasa digunakan di dalam kelas ketika kegiatan belajar mengajar. Dan pilihan bagaimana susunan tempat duduk tentu ditentukan oleh gurunya.
Setiap guru sudah pasti memiliki gaya tersendiri dalam mengajar. Tapi, kebanyak guru akan tetap memilih susunan tempat duduk yang sudah ada. Mungkin karena hal ini memang pilihan yang mudah. Terlebih, waktu yang tersedia kadang tidak cukup jika materi yang akan diajarkan sedang banyak.
Terkadang tak ada salahnya sesekali mengubah susunan tempat duduk peserta didik. Meski memakan beberapa waktu. Saya suka mengganti-ganti susunan tempat duduk karena mereka butuh variasi. Dan susunan tempat duduk favorit saya ada bentuk tapal kuda atau bentuk U.
Berdasarkan pengalaman saya, susunan bentuk tapal kuda ini efektif un…