Langsung ke konten utama

Program SabangMerauke

Program SabangMerauke (Seribu Anak Bangsa Merantau Untuk Kembali) adalah program pertukaran pelajar antardaerah di Indonesia yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai toleransi, pendidikan, dan keindonesiaan. SabangMerauke akan mengajak anak-anak terpilih dari berbagai penjuru nusantara untuk merantau selama tiga minggu di Jakarta serta beraktivitas dengan kakak dan famili yang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Diharapkan, para peserta dapat meresapi nilai toleransi, pendidikan, dan keindonesiaan sehingga mampu mengamalkannya dengan menjadi duta perdamaian sekembalinya ke daerah asal masing-masing. 

Di tahun keenam ini, program SabangMerauke  akan berlangsung pada 2 - 22 Juli 2018  mendatang. SabangMerauke mengundang publik untuk ambil bagian dalam program dengan menjadi ASM, KSM, dan FSM.

SabangMerauke (Seribu Anak Bangsa Merantau Untuk Kembali) adalah program pertukaran pelajar antardaerah di Indonesia yang bertujuan menanamkan nilai toleransi, pendidikan dan ke-Indonesiaan. 

Ada tiga peran yang bisa kamu pilih:

Adik SabangMerauke (ASM) : Akan tinggal di Jakarta dan bertemu teman-teman dari berbagai daerah.  Daftar di:  bit.ly/daftarasm2018

Famili SabangMerauke (FSM) : Keluarga asuh yang tidak hanya menyediakan tempat tinggal, namun juga berinteraksi dengan ASM layaknya dengan anggota keluarga sendiri. Daftar di:  bit.ly/daftarfsm2018

Kakak SabangMerauke (KSM) : Kakak mentor yang akan mendampingi adik-adik selama program pertukaran pelajar pada 2-22 Juli 2018. Daftar di: bit.ly/daftarksm2018

Peserta program yang terdiri dari Adik SabangMerauke (ASM), Kakak SabangMerauke (KSM), dan Famili SabangMerauke (FSM). Kurikulum program disusun untuk memperkaya pandangan dan pengalaman para ASM, KSM, dan FSM terkait keberagaman yang ada di Indonesia. Tujuannya, tak lain adalah untuk menanamkan rasa toleransi pada sesama tanpa memandang latar belakang agama, budaya, kelas sosial, ataupun sekat-sekat perbedaan lainnya. SabangMerauke percaya, bahwa  toleransi tidak bisa hanya diajarkan, toleransi harus dialami dan dirasakan.

Kirim sekarang, ditunggu hingga 6 April 2018.

selengkapnya di www.sabangmerauke.id

Daftar sekarang! 

Bersama terus #merawattoleransi ❤

baca pula:

Komentar

  1. wah asik itu programnya ada banyak. dari satu daerah bisa terpilih berapa orang mbak?

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. ternyata gak bisa ikut. gak masuk kriteria sayanya heuheuuu

    BalasHapus
  4. Program nya bagus. Bisa melatih peserta semakin mandiri juga..

    BalasHapus
  5. Brb liat linknya. Mau ikuuut

    BalasHapus
  6. Syarat jadi kakak Sabangmerauke apa aja?

    BalasHapus
  7. Programnya keren. Tapi kayak aku gini udah gak bisa ikutan, udah terikat sama kerjaan :(

    BalasHapus
  8. Boleh banget ini di-share informasinya ke para pemuda Bengkulu. Programnya kece

    BalasHapus
  9. Wahh bagus ini seru dan menambah pengetahuan buat anak anak

    BalasHapus
  10. Pengen ikut tapi udh gak masuk kriteria haha. Asik loh program ini, bisa memperkenalkan budaya daerah lain kepada anak" juga.

    BalasHapus
  11. Semoga program ini terus dipertahankan dan ditingkatkan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendaftaran SabangMerauke 2018

Pendaftaran program dibuka selama 2 Februari - 31 Maret 2018.
Program SabangMerauke (Seribu Anak Bangsa Merantau Untuk Kembali) adalah program pertukaran pelajar antardaerah di Indonesia yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai toleransi, pendidikan, dan keindonesiaan. SabangMerauke akan mengajak anak-anak terpilih dari berbagai penjuru nusantara untuk merantau selama tiga minggu di Jakarta serta beraktivitas dengan kakak dan famili yang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Diharapkan, para peserta dapat meresapi nilai toleransi, pendidikan, dan keindonesiaan sehingga mampu mengamalkannya dengan menjadi duta perdamaian sekembalinya ke daerah asal masing-masing.
Peserta program terdiri dari Adik SabangMerauke (ASM), Kakak SabangMerauke (KSM), dan Famili SabangMerauke (FSM). Kurikulum program disusun untuk memperkaya pandangan dan pengalaman para ASM, KSM, dan FSM terkait keberagaman yang ada di Indonesia. Tujuannya, tak lain adalah untuk menanamkan rasa toleransi pada ses…

SM3T

SM3T singkatan dari Sarjana Mendidik di daerah terdepan, terluar, tertinggal adalah program yang digagas untuk membantu pemenuhan kekurangan tenaga pendidik di daerah tersebut. Program ini diperuntukkan bagi sarjana kependidikan yang belum lama diwisuda. Selain dari membantu pemenuhan tenaga pendidik, program ini juga bermaksud menciptakan guru generasi baru yang cerdas, mandiri, dan tangguh.
Selain dari segi pendidikan program SM3T juga merupakan program budaya. Program SM3T dimaksudkan sebagai sarana saling mengenal antar suku bangsa. Karena itulah ada sistem silang, yakni sarjana yang lulus program SM3T akan ditempatkan ke daerah sasaran SM3T yang jauh dari daerah asalnya. Yang berasal dari timur, diutus ke barat. Yang berasal dari barat diutus ke timur. Kira-kira begitulah sistemnya.
Berikut daerah sasaran SM3T tahun 2016.

Silang budaya menjadi data tarik tersendiri dari program SM3T. Di mana kebanyakan peserta tes SM3T mengaku ikut SM3T karena ingin merasakan silang budaya seperti i…

Susunan tempat duduk bentuk tapal kuda

Susunan tempat duduk peserta didik adalah salah satu bagian dari manajemen kelas. Banyak hasil penelitian yang telah membuktikan pengaruh tempat duduk terhadap prestasi peserta didik itu benar adanya. Ada berbagai cara susunan tempat duduk yang biasa digunakan di dalam kelas ketika kegiatan belajar mengajar. Dan pilihan bagaimana susunan tempat duduk tentu ditentukan oleh gurunya.
Setiap guru sudah pasti memiliki gaya tersendiri dalam mengajar. Tapi, kebanyak guru akan tetap memilih susunan tempat duduk yang sudah ada. Mungkin karena hal ini memang pilihan yang mudah. Terlebih, waktu yang tersedia kadang tidak cukup jika materi yang akan diajarkan sedang banyak.
Terkadang tak ada salahnya sesekali mengubah susunan tempat duduk peserta didik. Meski memakan beberapa waktu. Saya suka mengganti-ganti susunan tempat duduk karena mereka butuh variasi. Dan susunan tempat duduk favorit saya ada bentuk tapal kuda atau bentuk U.
Berdasarkan pengalaman saya, susunan bentuk tapal kuda ini efektif un…