Skip to main content

Ikutan Flash Blogging

Baru kali ini aku mengikuti flashblogging. Flashblogging itu saja secara pengertiannya baru tadi malam aku tahu. Dari searching-searching via dunia maya.

bengkulu
Pembukaan Kegiatan Flash Blogging di Hotel Amaris tanggal 27/4/2018
Jaman sekarang memang sangat lekat dengan dunia maya. Dunia maya seakan sudah menjadi separuh nyawa. Orang hidup jama sekarang nyaris di dua alam. Separuh kehidupan di dunia nyata, separuhnya lagi di dunia maya.

Flasblogging yang ku ikuti ini dilaksanakan atas kerjasama Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Bengkulu, Ditjen Informasi Komunikasi Publik, Direktorat Kemitraan Komunikasi dan Tim Komunikasi Istana. Sangat menarik. 

Kehidupan istana itu pastilah sangat luar biasa. Di dalam nya ada seorang presiden dengan keluarganya. Kalau di film drama kerajaan, kehidupan drama istana itu seolah sangat mengerikan. Penuh ketegangan dan kepalsuan. Kadang sulit membedakan mana teman mana lawan. Bagaimana dengan Istana Kepresidenan Indonesia?

Tim Komunikasi Presiden hadir langsung dari istana dan khusus untuk Bengkulu. "Saya datang untuk mendengar kritik". Mantap. Keren. Pak Andoko Darta memperlihatkan video sudut istana. Ada video tentang paspampres. Ada video tentang pembangunan infrastruktur. Ada video presiden sedang latihan tinju. Wow.

"Bahaya hoax itu seperti bisa ular". Benar juga kata Pak Andoko. Beliau melanjutkan, "Ada orang baik, kurang pintar. Ada orang jahat yang buat hoax."

Indonesia ini sangat luas. Jangan sampai Indonesia yang seharusnya disatukan dengan dunia maya. Malah dipecahkan bahkan dihancurkan karena dunia maya. Nauzubillah.

Mbk Mira Sahid
Wanita cantik awet muda berdiri sebagai pembicara. Beliau founder emak blogger. Komunitas blogger yang sangat terkenal.

flash blogging
Mbk Mira sedang memberikan tips ngeblog
Meskipun anak beliau sudah SMP. Tapi beliau masih bisa dikatakan seperti penampilan anak kuliahan. Hmm.. Apa sih tipsnya, mbk. Apa iya hanya karena yoga. Klo iya aku mau yoga juga ah.

"Internet itu adalah pasar" beliau dengan ceria mengatakananya. Kata beliau internet itu lengkap transaksinya. Ada penjualnya. Ada pembelinya. Dan ada berbagai oranh dengan berbagai profesi di dalamnya.

Beliau mengatakan sekarang ini pengguna internet semakin terus meluas. Dan kehati-hatian terhadap keamanan anak-anak dalam berselancar di dunia maya itu sangat penting untuk diperhatikan. 

Beliau bercerita bahwa dunia internet telah membawa beliau menjadi seorang blogger dan kemudian beliau tergerak membentuk komunitas Emak Blogger. Walau saya kurang tahu juga dalam nya semua mak-mak apa bukan. Tapi saya rasa calon mak juga boleh. Karena ayuk saya sudah tergabung dalam komunitas itu juga bahkan sebelum beliau menikah. 

Berdasarkan data Hoofsuite, sekarang pengguna aktif sosial media terus meningkat bahkan berangka 120 juta jiwa. Sepertinya orang memang sudah hidup separuh nyawa di dunia maya. Sama. Aku juga begitu.

Konten positif mungkin saja menjadi konten utama dalam dunia maya. Dan sangat mungkin. Tapi faktanya yang berseliweran adalah banyaknya konten negatif. Bahkan banyak hoax-hoaxsan. 

Oh, iya. Kata beliau juga, sekarang terus bertambah aplikasi dan platform untuk menunjang pengguna internet. Dan berbagai peralatan ini semakin membuat orang bertahan di dunia maya.

Pasti hampir semua orang pernah berpikir bahwa akan sangat sulit hidup tanpa internet sekarang ini. Tapi aku berdoa semoga yang tidak menggunakan internet juga hidup dengan bahagia. Tau jangan-jangan yang hidup tanpa internet malah lebih bahagia ya..

Kata beliau, sosial media itu ujungnya akan sangat menunjukkan siapa kita. Semakin banyak kita menulis tentu akan semakin terlihat jelas kemana arah pikiran kita. Atau mungkin aja orang bisa memanipulasi nya ya.. hmmm..

Yang pasti "think before you write". Kata beliau kita harus sangat berhati-hati dengan apa yang kita tulis. Kita harus berhati-hati dengan apa yang kita posting. Bijak bersosial media itu harus. Bukan lagi penting.

Beliau sebagai blogger pasti telah banyak ikut kegiatan blogger yang keren-keren. Aku iri sama mbk nya ah. Pada suatu saat mungkin aku bisa juga ikut kegiatan ini itu seperti mbk. Seperti gambar-gambar yang beliau lihatkan di slide presentasinya. Ada kegiatan blogger se ASEAn. Ada di Istana Negara. Ada kopdar ini. ada kopdar itu. dan kopdar ini dan itu. 

Memang banyak juga yang menyampaikan dari dulu-dulu. Katanya blogging buat dapat uang. Tapi ada juga yang ingin meng exist kan diri saja mungkin. Ada juga kok yang ingin melatih diri. Atau jangan-jangan ada yang demi membela negeri aja.

Kata mbk nya, dunia per blog an itu adalah dunianya branding diri. Juga dunianya peralihan. Peralihan diary cetak menjadi diary online. Wah, sekarang menulis pribadi bahkan bisa dikonsumsi umum. Pantesan aja harus hati-hati, ya mbk.

Beliau mengesampingkan dulu permasalahn blog dan cara mendapat uang. Karena sekarang beliau menekankan penulisan di blog untuk kepentingan bangsa. Bahwasanya ternyata menulis di blog bisa menjadi senjata utama membangkitkan Indonesia.

Awalnya beliau kan buat komunitas blogger, katanya. Kemudian beliau mulai terpikir untuk membuka hati beliau ke pemerintahan. Menarik.

blogger
Blogger Bengkulu aktif mendokumentasikan Kegiatan
Blogger dan Pemerintahan.

Beliau berkata bahwa networking akan bisa berkembang jika kita membuka diri. Beliau membuka diri terhadap pemerintahan. Apa yang bisa dilakukan blogger untuk pemerintahan? Seorang blogger bisa bermitra dengan pemerintahan mensosialisasikan program pemerintahan. Kumpulan blogger bisa bekerja sama dengan berbagai instansi milik pemerintah. Beliau bahkan pernah bekerjasama dengan MPR katanya. 

Sangat bertentangan dengan orang yang anti politik. Tapi mungkin memang hal ini harus dilakukan. Kenapa? Untuk Indonesia bangkit. Untuk perbaikan jati diri bangsa. Untuk keadilan. Untuk pemertaan. Bagiamana mungkin blogger tidak berpartisipasi.

Seperti yang dikatakan di awal acara ini. Pak Ferry Ernez Pavera, Sekretaris Dinas Kominfo TIK Provinsi Bengkulu. Yang beliau mengatakan bahwa blog merupakan media promosi yang sangat efektif. Media berbgai info. Media penambah wawasan. Media aktualisasi diri. Melatih menuliskan ide. Tentu lah peran blogger dan blognya akan sangat berharga.

Sinergi blogger dan pemerintahan kemudian akan menjadi harapan baru masyarakat Indonesia untuk perubahan. Untuk Kemajuan. Untuk Perbaikan. Untuk kebersamaan. Dan kehidupan yang berkeadilan. Bersama, jika bersama, kita akan selalu bisa. Insya Allah. 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pendaftaran SabangMerauke 2018

Pendaftaran program dibuka selama 2 Februari - 31 Maret 2018.
Program SabangMerauke (Seribu Anak Bangsa Merantau Untuk Kembali) adalah program pertukaran pelajar antardaerah di Indonesia yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai toleransi, pendidikan, dan keindonesiaan. SabangMerauke akan mengajak anak-anak terpilih dari berbagai penjuru nusantara untuk merantau selama tiga minggu di Jakarta serta beraktivitas dengan kakak dan famili yang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Diharapkan, para peserta dapat meresapi nilai toleransi, pendidikan, dan keindonesiaan sehingga mampu mengamalkannya dengan menjadi duta perdamaian sekembalinya ke daerah asal masing-masing.
Peserta program terdiri dari Adik SabangMerauke (ASM), Kakak SabangMerauke (KSM), dan Famili SabangMerauke (FSM). Kurikulum program disusun untuk memperkaya pandangan dan pengalaman para ASM, KSM, dan FSM terkait keberagaman yang ada di Indonesia. Tujuannya, tak lain adalah untuk menanamkan rasa toleransi pada ses…

SM3T

SM3T singkatan dari Sarjana Mendidik di daerah terdepan, terluar, tertinggal adalah program yang digagas untuk membantu pemenuhan kekurangan tenaga pendidik di daerah tersebut. Program ini diperuntukkan bagi sarjana kependidikan yang belum lama diwisuda. Selain dari membantu pemenuhan tenaga pendidik, program ini juga bermaksud menciptakan guru generasi baru yang cerdas, mandiri, dan tangguh.
Selain dari segi pendidikan program SM3T juga merupakan program budaya. Program SM3T dimaksudkan sebagai sarana saling mengenal antar suku bangsa. Karena itulah ada sistem silang, yakni sarjana yang lulus program SM3T akan ditempatkan ke daerah sasaran SM3T yang jauh dari daerah asalnya. Yang berasal dari timur, diutus ke barat. Yang berasal dari barat diutus ke timur. Kira-kira begitulah sistemnya.
Berikut daerah sasaran SM3T tahun 2016.

Silang budaya menjadi data tarik tersendiri dari program SM3T. Di mana kebanyakan peserta tes SM3T mengaku ikut SM3T karena ingin merasakan silang budaya seperti i…

Susunan tempat duduk bentuk tapal kuda

Susunan tempat duduk peserta didik adalah salah satu bagian dari manajemen kelas. Banyak hasil penelitian yang telah membuktikan pengaruh tempat duduk terhadap prestasi peserta didik itu benar adanya. Ada berbagai cara susunan tempat duduk yang biasa digunakan di dalam kelas ketika kegiatan belajar mengajar. Dan pilihan bagaimana susunan tempat duduk tentu ditentukan oleh gurunya.
Setiap guru sudah pasti memiliki gaya tersendiri dalam mengajar. Tapi, kebanyak guru akan tetap memilih susunan tempat duduk yang sudah ada. Mungkin karena hal ini memang pilihan yang mudah. Terlebih, waktu yang tersedia kadang tidak cukup jika materi yang akan diajarkan sedang banyak.
Terkadang tak ada salahnya sesekali mengubah susunan tempat duduk peserta didik. Meski memakan beberapa waktu. Saya suka mengganti-ganti susunan tempat duduk karena mereka butuh variasi. Dan susunan tempat duduk favorit saya ada bentuk tapal kuda atau bentuk U.
Berdasarkan pengalaman saya, susunan bentuk tapal kuda ini efektif un…