IBX5AB59D2A8A617
Home » » SM3T

SM3T

Posted by cuapguru on Saturday, February 24, 2018

sm3t

SM3T singkatan dari Sarjana Mendidik di daerah terdepan, terluar, tertinggal adalah program yang digagas untuk membantu pemenuhan kekurangan tenaga pendidik di daerah tersebut. Program ini diperuntukkan bagi sarjana kependidikan yang belum lama diwisuda. Selain dari membantu pemenuhan tenaga pendidik, program ini juga bermaksud menciptakan guru generasi baru yang cerdas, mandiri, dan tangguh.

Selain dari segi pendidikan program SM3T juga merupakan program budaya. Program SM3T dimaksudkan sebagai sarana saling mengenal antar suku bangsa. Karena itulah ada sistem silang, yakni sarjana yang lulus program SM3T akan ditempatkan ke daerah sasaran SM3T yang jauh dari daerah asalnya. Yang berasal dari timur, diutus ke barat. Yang berasal dari barat diutus ke timur. Kira-kira begitulah sistemnya.

Berikut daerah sasaran SM3T tahun 2016.


Silang budaya menjadi data tarik tersendiri dari program SM3T. Di mana kebanyakan peserta tes SM3T mengaku ikut SM3T karena ingin merasakan silang budaya seperti itu. Kebanyakan mengaku senang datang ke daerah baru dan mempelajari hal-hal baru. Kebanyakan peserta tes SM3T adalah sarjana yang menyukai pertualangan dan hal-hal menantang.

Seperti apa daerah terdepan, terluar, tertinggal itu? Daerah 3T sasaran SM3T adalah daerah yang memang membutuhkan perhatian lebih. Misalnya daerah yang sulit akses transportasi. Daerah yang belum ada listrik. Daerah yang kesulitan air. Daerah yang kesulitan pangan. Daerah yang jauh dari kota. Daerah yang kurang fasilitas publik dan sebagainya.

Lamanya menjalani program SM3T adalah satu tahun. Sampai saat ini SM3T sudah ada 6 angkatan. Angkatan pertama sudah mulai dari tahun 2011. Sampai angkatan terakhir adalah tahun 2016. Namun untuk 2017 hingga sekarang belum ada kabar program ini akan lanjut apa tidak.

Apa syarat untuk bisa mendaftar program SM3T?
1.      Warga Negara Indonesia dibuktikan dengan KTP / SIM yang masih berlaku.
2.      Sarjana dari program studi kependidikan minimal S-1 lulusan tiga tahun terakhir  dari program studi  terakreditasi minimal B yang sesuai dengan kebutuhan mata pelajaran dan atau bidang keahlian yang dibutuhkan; pas foto berwarna, soft copy ijazah dan transkrip nilai di upload bersama borang pendaftaran dari sistem informasi yang ada.
3.      Usia maksimum 27 tahun.
4.      IPK minimal 3,00; dibuktikan fotokopi transkrip nilai yang telah disahkan (legalisasi).
5.      Berbadan sehat; dibuktikan dengan surat keterangan dokter dari klinik terdaftar / Puskesmas.
6.      Bebas dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (napza)dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) serta Miras dari pejabat yang berwenang.
7.      Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dikeluarkan oleh Polres/Polresta.
8.      Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti Program SM-3T yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai 6000 rupiah.
9.      Belum pernah mengikuti program SM-3T pada tahun sebelumnya, dan sanggup mengikuti program PPG yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai.

Dulunya, SM3T adalah program yang diselenggarakan oleh DIKTI. SM3T termasuk ke dalam program MBMI (Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia). Namun, SM3T angkatan terakhir tahun 2016 sudah beralih kepada Kemdikbud. Kemungkinan akan ada tidaknya lanjutan program SM3T bisa dipantau di situs web Kemdikbud.


Baca:
Kewajiban dan Hak Guru
Adakah payung hukum perlindungan guru?

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

29 komentar:

  1. Mantap nih bahasan blognya. Kece kak...

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. wah salut kepada para peserta SM3T, merekalah pejuang masa kini. Dan tentunya banyak pengalaman tak terduga...

    ReplyDelete
  4. Kalau saya kuliah di keguruan, mungkin akan senang ikut program ini. Pernah dengar sih dari teman, pengalaman SM3T sepertinya seru2.

    ReplyDelete
  5. Semoga program ini tetap berlanjut ya. Banyak sekali yang bisa didapatkan dari program ini, masyarakat di daerah 3T jadi lebih cerdas dan calon pendidik jadi belajar banyak hal.

    ReplyDelete
  6. Wah jadi inget kkn kebangsaaan, di daerah terluar gitu biasanya, pengin ikut kkn ini tapi tahun ini nggak ada, mau ikut ini bukan keguruan juga hihi. Suksek kak!

    ReplyDelete
  7. Kalau silang budaya, berarti ada budget mahar nikah dong ya, Bu, di program SM3Tnya? Haha

    ReplyDelete
  8. Program yang keren, ya ... semoga melalui program ini, pendidikan di seluruh Indonesia bisa lebih baik lagi. Karena tenaga pendidiknya bisa menjangkau daerah yang terpencil.
    Kebayang serunya ya.. yang bisa ikut program SM3T, bisa mengenal daerah lain.

    ReplyDelete
  9. Program yang seperti ini yang selayaknya dapet perhatian prioritas dari pemerintah, support penuh baik materiil atau non-materiil. Kenyataan nya di lapangan banyak penyelewengan anggaran dan kekuasaan sepihak.

    ReplyDelete
  10. Di tempatku sering dikunjungi sama guru guru SM3T. Sangat membantu sekali bahkan aku pernah ikut program pembagian buku uantuk buat perpustakaan daerah di perbatasan

    ReplyDelete
  11. Di tempat aku banyak guru SM3T..
    Sukses buat para guru semuanyaa

    ReplyDelete
  12. Ini sama gak dengan Indonesia Mengajar ?
    Dulu saya punya temen yang ikut program mengajar kayak gini, ditempatkan di Maluku Tenggara.. wah luar biasa katanya.

    ReplyDelete
  13. Jadi ingat beberapa hari yang lalu baca buku kumpulan cerita anak-anak SM3T, seru pengalaman mereka, ketche

    ReplyDelete
  14. Pastinya banyak banget pengalaman berharga yang didapat dari sana ya.

    ReplyDelete
  15. pernah ikut seleksi yang kayak gini juga tapi khusus mahasiswa dan waktunya gak lama. tapi sayangnya belum dikasih kesempatan. padahal seru bisa berbagi dan belajar bersama di tempat yang tertinggal. berasa punya tantangan tersendiri.

    ReplyDelete
  16. Temenku ada yang sampe ke Jayapura ikut program ini.

    ReplyDelete
  17. Semoga tahun ini kembali diadakan ya.. Program ini bagus banget untuk cari pengalaman.

    ReplyDelete
  18. Salut sama temen-temen yang ikut program ini. Aku loh dipindahin ke Bintuhan aja udah galau-galauan berbulan-bulan. Padahal ya ampun masih di Bengkulu juga loh inii ckck

    ReplyDelete
  19. Wah asik ya untuk pengajar ada acara pertukarannya. Kalau di kedokteran, sehabis dapat gelar dokter untuk dapatkan surat izin praktek harus ikut intership, yang lokasinya bisa beda-beda, bahkan sampai ke pelosok juga.

    ReplyDelete
  20. Bagus banget program ini diikuti oleh para pemuda, apalagi yang udah kuliah di fakultas keguruan. Bisa dapat pengalaman berharga

    ReplyDelete
  21. baru tahu saya istilah ini, bukan daerah tertinggal ya, keren istilahnya

    ReplyDelete
  22. wah.. program sm3t ya, dulu aku pernah pingin ikut tapi gak kesampean.. hehe
    keren dah program ini

    ReplyDelete
  23. Pengalaman banget ya kak.. Semoga bisa menjadi guru yang cerdas, tangguh dan berprestasi :)

    ReplyDelete
  24. Temen ku pun ada yg ikut SM3T, tapi dapat di daerah sorong kak.. Luar biasa banget kegiatan ini, semoga indonesia semakin cerdas..

    ReplyDelete
  25. Seneng banget ada program seperti ini. Semoga jaya selalu

    ReplyDelete
  26. Semoga dgn adanya kegiatan seperti ini menggerakkan hati pemuda2 lainnya untuk bergabung

    ReplyDelete
  27. Program keren, smoga pendidikan Indonesia makin maju ke depannya

    ReplyDelete
  28. Ye.. main kuis dapet kuota, yuk yg belum wajib coba niiiii

    ReplyDelete

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email