Home » » Bagaimana cara sertifikasi guru

Bagaimana cara sertifikasi guru

Posted by cuapguru on Monday, February 5, 2018


Apa itu sertifikasi guru?
Sertifikasi adalah program pemerintah untuk memperbaiki mutu pendidikan melalui perbaikan kualitas guru. Sertifikasi dimaksudkan untuk menjadikan guru sebagai guru profesional yang dibuktikan dengan sertifikat pendidik.

Bagaimana guru yang profesional itu?
Guru yang profesional adalah guru yang menguasai empat kompetensi guru, yaitu:
1.    Kompetensi profesional
Menguasai kompetensi profesional berarti menguasai bidang profesi. Misalnya guru mata pelajaran matematika, maka harus menguasai materi pelajaran matematika.

2.    Kompetensi pedagogik
Menguasai kompetensi pedagogik berarti menguasai bidang ilmu kependidikan. Seperti teori belajar, teori mengajar, membuat perangkat pembelajarn, dan evaluasi hasil belajar.

3.    Kompetensi kepribadian
Menguasai kompetensi kepribadian berarti memiliki kepribadian yang baik sesuai dengan profesi guru. Memiliki kepribadian yang pantas digugu dan ditiru.

4.    Kompetensi sosial
Menguasai kompetensi sosial berarti berinteraksi dengan baik terhadap lingkungan, terhadap peserta didik, sesama guru, dan semua yang bekerja di lingkungan sekolah, serta masyarakat sekita dan wali peserta didik.

Bagaimana cara mendapatkan sertifikat pendidik?
Dulu
Di awal adanya program sertifikasi guru, guru yang memiliki banyak prestasi lah yang mendapatkan sertifikat pendidik. Semua guru pada tahun 2008 diminta ikut seleksi administrasi dengan mengumpulkan fortofolio dari berbagai prestasi yang pernah didapatkan. Forto folio bisa berisi sertifikat, piagam penghargaan, dan SK mengajar. Selain melihat prestasi juga melihat pengalaman mengajar guru.

Pada tahun 2009, diadakan seleksi gelombang kedua. Diseleksi dengan cara yang sama dengan sertifikasi tahun sebelumnya. Yang lolos sertifikasi adalah guru yang memang memiliki banyak prestasi dengan pengalaman mengajar yang sudah sangat panjang.

Setelah program sertifikasi dua gelombang dengan portofolio, tahun berikutnya sistem berubah. Sistem sertifikasi guru adalah dengan pemberian pembekalan. Guru-guru yang belum lulus sertifikasi dua gelombang pertama diberikan pembekalan. Kemudian barulah diberikan sertifikat pendidik.

Sekarang
Sekarang, untuk mendapatkan sertifikat pendidik adalah dengan mengikuti  program Pendidikan Profesi Guru (PPG). PPG diselenggarakan dibeberapa Universitas (LPTK) yang ditunjuk sebagai penyelenggara. Lamanya PPG adalah satu tahun. Sekarang pun PPG terbagi menjadi beberapa jenis:

1.    PPG dalam jabatan
Peserta PPG ini adalah guru yang sedang dalam masa tugas mengajar.

2.    PPG-SM3T
Peserta PPG ini adalah para sarjana yang sudah mengikuti program SM3T. SM3T adalah program mengajar ke daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal). PPG ini adalah beasiswa dari pemerinta secara penuh. Dan peserta PPG wajib tinggal di asrama.

3.    PPGT
PPGT adalah singkatan dari program pendidikan guru terpadu. Peserta PPG ini adalah putra-putri daerah 3T yang berprestasi. Mereka mendapatkan beasiswa penuh dari pemerintah. Dan dikuliahkan sedari S1.

4.    PPGT SMK Kolaboratif
PPG ini adalah program khusus untuk calon guru SMK.

         5.  PPG Bersubsidi
PPG bersubsidi adalah program bantuan pemerintah dalam percepatan sertifikasi guru. Peserta PPG ini mendapatkan bantuan biaya kuliah.

         6.  PPG Reguler
PPG reguler adalah program PPG umum yang bisa diikuti oleh siapa saja. Tidak ada aturan peserta khusus. Dan semua biaya ditanggung peserta sendiri. Biaya kuliah sekitar 7 jt per semester. Peserta PPG ini juga bisa dari sarjana non kependidikan.

Sistem PPG
Sistem dalam PPG ada dua, yaitu blok dan non blok. Sistem blok adalah sistem bagi dua waktu antara workshop dan praktik lapangan. Pada sistem blok, workshop dilaksanakan di semester pertama, kemudian semester kedua adalah praktik mengajar. Sistem non blok adalah sistem campuran, dimana workshop dan praktik lapangan dilaksanakan sejalan.

Pada saat workshop, peserta PPG belajar membuat perangkat pembelajaran dan belajar mengajar. Saat praktik lapangan, peserta PPG wajib membuat penelitian tindakan kelas.

Diakhir masa program, peserta PPG mengikuti Ujian Kompetensi Mahasiswa (UKM) yang dilaksanakan secara terpusat. Soal UKMPPG mencakup empat kompetensi guru, yaitu kompetensi kepribadian, sosial, profesional, dan pegagogik. Nilai standar kelulusan adalah 76.

Jika dinyatakan lulus, barulah peserta PPG bisa mendapatkan sertifikat pendidik. Sertifikat didik ini adalah bukti peserta telah tersertifikasi. Bagi peserta yang belum lulus, akan ada ujian ulang. Ujian ulang diselenggarakan tiga kali dalam satu tahun.

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

26 komentar:

  1. semoga dengan sertifikasi guru ini pendidikan Indonesia semakin baik, aamiin

    ReplyDelete
  2. tambah tertantang nih guru buat sertifikasi, semoga kesejahteraannya juga dilihat.

    ReplyDelete
  3. Dengan sertifikasi ini pasti akan menghasilkan guru2 yang kerkualitas dan berdedikasi tinggi ya. Tapi kesejahteraannya semoga juga diperhatikan oleh pemerintah.

    ReplyDelete
  4. Oh begitu ya untuk mendapatlan sertifikasi guru, baru tahu, cuma denger aja kalau ada temen yang berprofesi sebagai guru dan ngomongin sertfikasi

    ReplyDelete
  5. Say juga guru. Begini syarat untuk sertifikasi turun adalah minimal mempunyai 24 jam pelajaran/ minggu. Tidak semua guru itu bisa mendapatkan sertifikasi walaupun mengantongi sertifikat pendidik.
    Mungkin bisa jadi tambahan informasi.

    ReplyDelete
  6. Whuaaa syaratnya banyak juga ya. Pantesan guru yg dapat sertifikasi biasanya memang guru berkualitas

    ReplyDelete
  7. Ternyata susah yaa...
    Subhanallah,
    aku selama ini mengira, menjadi guru adalah profesi yang mudah. Karena bagian dari passion seseorang terhadap mengajar dan mengabdi.
    Namun kalau ada sertifikasi begini, banyak hal yang perlu diperhatikan.

    Padahal profesi pendidik, tentulah tak hanya mendidik.
    Ada tugas lain yang menanti di kehidupan pribadinya.

    Tabarakallahu, para guru.
    Semoga hidupnya senantiasa dimudahkan dan diberi keberkahan.
    Aamiin.

    ReplyDelete
  8. Semoga dengan adanya sertifikasi guru ini kualitas guru kita semakin meningkat ya. Amin! Dan semoga hal itu juga sejalan dengan peningkatan kesejahteraan guru. Jangan sampai mereka gak bisa fokus mengajar, kudu mengambil pekerjaan sampingan karena gak bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga. Kasian. Buat guru dan muridnya.

    ReplyDelete
  9. Saya kira, sertifikasi guru hanya berdasarkan prestasi dan lamanya pengalaman saja, ternyata masih banyak syarat lainnya ya...
    Semoga dengan sistem sertifikasi ini, kualitas para guru menjadi lebih baik lagi ya...demi masa depan bangsa kita.

    ReplyDelete
  10. wah mantap banget. Semoga dengan sertifikasi guru membuat kesejahteraan guru di indonesia semakin mantap maju terus. semangat terus guru di Indonesia

    ReplyDelete
  11. besar harapan saya semoga guru-guru di Indonesia yang telah sertifikasi bisa terus menjaga profesionalitas pekerjaannya sebagai guru. Jangan sampai malah jadi guru yang yang tidak mendidik dan terbuai oleh uang yang semakin banyak karena tunjangan semakin besar setelah sertifikasi.

    ReplyDelete
  12. hmmm.. saya baru tau kalo PPG ada beberapa jenis, dengannya memilih jenis yang sesuai dengan pilihan profesi dan kebutuhan bisa lebih mudah. nice info :O

    ReplyDelete
  13. jadi ingat dulu kakak sepupu lama banget nunggu sertifikasi, tapi alhamdulillah sekarang sudah pns statusnya dan kesejahteraan guru sudah cukup diperhatikan, berbeda dengan dulu.

    ReplyDelete
  14. Kalau mau ikut PPG jabatan itu syaratnya apa ya? Soalnya dulu ada pengalaman keluarga saya mau ikut PPG SM3T harus ikut PPG jabatan terlebih dahulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk bisa ikut PPG dalam jabatan ada tes nya, mbk. Syarat ikut tes, minimal pengalaman mengajar sudah lima tahun. Klo PPG SM3T itu hanya untuk alumni SM3T.

      Delete
  15. Guru yg bersertifikasi jg dapat tunjangan yg besar ya.
    Apalgi tunjangan daerah.
    Semoga guru makin sejahtera dlm mendidik penerus bangsa

    ReplyDelete
  16. Dulu berat juga ya buat dapetin sertifikat guru. Sekarang mah siapa aja bisa dan tempatnya juga banyak alternatif Krn di universitas 2 yg telah ditunjuk pemerintah.

    ReplyDelete
  17. Aku non pendidikan, kalau ambil program setifikasi guru ini berapa semester sih? Lebih worth it mana ambil PPG atau program S2 pendidikan? ditelisik dari biaya dan juga effort yang diberikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. PPG lamanya dua semester, mas. Kalau mau jadi guru atau sudah jadi guru baiknya ambil PPG karena nanti semua guru wajib ikut PPG. Biaya yang dikeluarkan untuk PPG dan S2 sama, mas. Tapi kalau belum pasti jadi guru, baik ambil S2 karena peluang kerjanya bakal lebih luas.

      Delete
  18. kayanya dulu mudah ya mendapatkan sertifikasi guru. sedangkan sekarang kayanya susah banget harus ini dan itu. tapi, bagus sih untuk menyaring guru yang berkualitas nantinya

    ReplyDelete
  19. Biaya pendaftarannya lumayan juga ya. Pasti banyak rekan rekan guru yang ikutan. Semoga setelah tersertifikasi, kesejahteraan semakin bertambah

    ReplyDelete
  20. Tanteku dulu Dosen penguji until sertifikasi guru.. dan seneng sih sejak Ada sertifikasi para guru Makin tambah rajin dan serius untuk upgrade kualitas mengajar. Dan dgn persyaratan yang cukup banyak seperti ini. Wajar lah ya kalau take home pay yang dibayarkan ke guru sertifikasi jg cukup besar.

    ReplyDelete
  21. sekarang semua profesi harus melalui sertifikasi untuk mendapatkan "nilai" yang bagus. ngebantu juga buat bergaining salary. Guru juga punya sertifikasi khusus dan harus sekolah lagi ko ngga salah yak

    ReplyDelete
  22. waaaaa, banyak banget syaratnya yaaa,, semoga indonesia makin banyak guru-guru berkualitas karena sudah melalui tahap sertifikasi ini ya,,,,

    ReplyDelete
  23. Cita-cita menjadi seorang guru atau pengajar adalah keinginan orang tua. Dahulu setelah lulus kuliah saya diberi saran agar mengambil Akta 4. Lalu saya kebingungan apa itu Akta 4 ternyata sertifikat untuk mengajar di sekolah. Alhamdulillah di sini saya jadi tahu gambarannya seperti apa. Seluk beluk untuk memperoleh sertifikat mengajar. Trims

    ReplyDelete
  24. baru tahu prosesnya begini. makin membaik saja, ya - meskipun bagi guru senior yg belum sertifikasi merasa makin ribet. hihihihi....
    btw, saya lulus keguruan 15 tahun lalu, tapi tak pernah jadi guru beneran di sekolah. hihihi

    ReplyDelete

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email