Langsung ke konten utama

Adakah payung hukum perlindungan guru?

Ada.  Payung hukum perlindungan guru terdapat pada UU no. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Tepatnya terdapat pada pasal 39 yang merincikan hak perlindungan untuk guru sebagai berikut:
(1) Pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat, organisasi profesi, dan/atau satuan pendidikan wajib memberikan perlindungan terhadap guru dalam pelaksanaan tugas.
(2) Perlindungan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi perlindurrgan hukum, perlindungan profesi, serta perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja.
(3) Perlindungan hukum sebagaimana dimaksud pada ayat (2) mencakup perlindungan hukum terhadap tindak kekerasan, ancaman, perlakuan diskriminatif, intimidasi, atau perlakuann tidak adil dari pihak peserta didik, orang tua peserta didik, masyarakat, birokrasi, atau pihak lain.
(4) Perlindungan profesi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) mencakup perlindungan terhadap pemutusan hubungan kerja yang tidak sesuai dengan peraturan perundangundangan, pemberian imbalan yang tidak wajar, pembatasan dalam menyampaikan pandangan, pelecehan terhadap profesi, dan pembatasan/pelarangan lain yang dapat menghambat guru dalam melaksanakan tugas.
(5) Perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja sebagaimana dimaksud pada ayat (2) mencakup perlindungan terhadap risiko gangguan keamanan kerja, kecelakaan kerja, kebakaran pada waktu kerja, bencana.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana cara sertifikasi guru

Apa itu sertifikasi guru? Sertifikasi adalah program pemerintah untuk memperbaiki mutu pendidikan melalui perbaikan kualitas guru. Sertifikasi dimaksudkan untuk menjadikan guru sebagai guru profesional yang dibuktikan dengan sertifikat pendidik.
Bagaimana guru yang profesional itu? Guru yang profesional adalah guru yang menguasai empat kompetensi guru, yaitu: 1.Kompetensi profesional Menguasai kompetensi profesional berarti menguasai bidang profesi. Misalnya guru mata pelajaran matematika, maka harus menguasai materi pelajaran matematika.
2.Kompetensi pedagogik Menguasai kompetensi pedagogik berarti menguasai bidang ilmu kependidikan. Seperti teori belajar, teori mengajar, membuat perangkat pembelajarn, dan evaluasi hasil belajar.
3.Kompetensi kepribadian Menguasai kompetensi kepribadian berarti memiliki kepribadian yang baik sesuai dengan profesi guru. Memiliki kepribadian yang pantas digugu dan ditiru.
4.Kompetensi sosial Menguasai kompetensi sosial berarti berinteraksi dengan baik terhadap l…

Number

Ada dua bentuk number: 1.Cardinal number = angka biasa 2.Ordinal number  = angka bertingkat Cardinal number Ordinal number Contoh: O  = zero 1= one 2= two 3= three 4= four 5= five 6= six 7= seven 8= eight 9= nine 10= ten 11

Tips memilih jurusan kuliah

Kuliah sudah berbeda dengan masa sekolah. Saat sekolah kita secara umum mempelajari hal yang sama. Saat sekolah, kita seolah hanya ikut jenjang. Pertama kita sekolah dasar. Kemudian sekolah menengah pertama. Lalu sekolah menengah atas. Dan pelajarannya mirip-mirip juga. Bagaimana saat kuliah?
Saat kuliah pelajaran antar jurusan bisa sangat jauh berbeda. Saat kuliah, ada begitu banyak orang dengan jurusan yang berbeda. Saat kuliah kita sudah menjurus pada profesi. Sehingga sedari awal memilih jurusan kuliah kita seperti sudah hampir memastikan pekerjaan apa yang ingin kita tekuni.
Cara memilih jurusan kuliah itu tidaklah sulit. Kita masing-masing pasti mengenal diri kita sendiri. Kita tinggal melihat ke dalam diri kita. Kita ber evaluasi terhadap diri kita. Baiklah kita menggali lagi potensi yang ada pada diri kita.  Misalnya dengan bertanya pada diri kita:
1.Apakah saya punya cita-cita? Hal pertama yang perlu kita pikirkan adalah cita-cita. Karena semua berasal dari mimpi. Maka kita sesu…