Langsung ke konten utama

Tips memilih jurusan kuliah


Kuliah sudah berbeda dengan masa sekolah. Saat sekolah kita secara umum mempelajari hal yang sama. Saat sekolah, kita seolah hanya ikut jenjang. Pertama kita sekolah dasar. Kemudian sekolah menengah pertama. Lalu sekolah menengah atas. Dan pelajarannya mirip-mirip juga. Bagaimana saat kuliah?

Saat kuliah pelajaran antar jurusan bisa sangat jauh berbeda. Saat kuliah, ada begitu banyak orang dengan jurusan yang berbeda. Saat kuliah kita sudah menjurus pada profesi. Sehingga sedari awal memilih jurusan kuliah kita seperti sudah hampir memastikan pekerjaan apa yang ingin kita tekuni.

Cara memilih jurusan kuliah itu tidaklah sulit. Kita masing-masing pasti mengenal diri kita sendiri. Kita tinggal melihat ke dalam diri kita. Kita ber evaluasi terhadap diri kita. Baiklah kita menggali lagi potensi yang ada pada diri kita.  Misalnya dengan bertanya pada diri kita:

1.    Apakah saya punya cita-cita?
Hal pertama yang perlu kita pikirkan adalah cita-cita. Karena semua berasal dari mimpi. Maka kita sesuaikan cita-cita kita dengan jurusan kuliah yang ingin kita ambil. Jika kita ingin jadi pengusaha sukses. Maka ambillah jurusan ekonomi. Dikarenakan pentingnya fokus dan maksimal pada satu bidang saja.

2.    Kualifikasi apa yang saya miliki?
Apakah saya punya prestasi? Sejenis pencapaian, mungkin saya punya sertifikat? Atau, nilai-nilai saya bagaimana. Karena jika ingin mengambil jurusan Teknik Kimia baiknya nilai kimia dan matematika tinggi. Atau memang lebih bagus daripada nilai kita di mata pelajaran lain.

3.    Apakah hobi saya?
Bisa menghasilkan uang dari apa yang menjadi hobi kita akan sangat menyenangkan. Dimana kita akan menghiasi hari-hari kita dengan bahagia. Sembari menekuni hobi sekalian dijadikan profesi. Misalnya punya hobi menanam. Maka baiknya mengambil jurusa pertanian.

4.    Bidang apa yang saya suka?
Apakah saya punya minat yang tinggi pada bidang tertentu?
Misalnya punya minat yang tinggi pada ilmu kebidanan. Jika minat mu sangat tinggi maka ambilah jurusan sesuai minat mu itu. Sebagaimana kita akan sangat bersemangat dan optimal jika kita mempelajari sesuatu yang sesuai dengan minat kita.

Apalagi untuk dijadikan pekerjaan seumur hidup. Coba dibayangkan jika kita memiliki pekerjaan di bidang yang kita suka. Coba juga kita bayangkan jika kita terpaksa bekerja di bidang yang tidak kita suka. Jangan sampai kita menjadi bosan dan sering mengeluh.

5.    Apa saja yang tersedia?
Sekarang, sudah bertambah banyak jenis dan macam jurusan kuliah. Lebih baik kita mencari tahu detil jurusan apa saja yang ada. Apa yang dipelajari jurusan itu. Lebih baik lagi cari tahu mata kuliah apa saja yang dipelajari di jurusan itu. Kemudian kita cari tahu juga bagaimana prospek ke depannya. Jika kita telah selesai kuliah. Bagaimana dengan ketersedian lapangan pekerjaan lulusan jurusan tersebut.


Mudah kan? Kalau masih ragu. Jangan lupa istikharah. Minta orang tua dan keluarga ikut bantu mendoakan kita. Salam sukses.

Komentar

  1. yang paling penting sepertinya bidang apa yang kita suka, jadi kita bisa kuliah dengan bahagia, hu um

    BalasHapus
  2. kalo aku kayaknya lebih mikir ke hobi deh,, hehe

    BalasHapus
  3. faktanya maish banyak sekarang yang pilih karena teman milih itu juga, ahahaha

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana cara sertifikasi guru

Apa itu sertifikasi guru? Sertifikasi adalah program pemerintah untuk memperbaiki mutu pendidikan melalui perbaikan kualitas guru. Sertifikasi dimaksudkan untuk menjadikan guru sebagai guru profesional yang dibuktikan dengan sertifikat pendidik.
Bagaimana guru yang profesional itu? Guru yang profesional adalah guru yang menguasai empat kompetensi guru, yaitu: 1.Kompetensi profesional Menguasai kompetensi profesional berarti menguasai bidang profesi. Misalnya guru mata pelajaran matematika, maka harus menguasai materi pelajaran matematika.
2.Kompetensi pedagogik Menguasai kompetensi pedagogik berarti menguasai bidang ilmu kependidikan. Seperti teori belajar, teori mengajar, membuat perangkat pembelajarn, dan evaluasi hasil belajar.
3.Kompetensi kepribadian Menguasai kompetensi kepribadian berarti memiliki kepribadian yang baik sesuai dengan profesi guru. Memiliki kepribadian yang pantas digugu dan ditiru.
4.Kompetensi sosial Menguasai kompetensi sosial berarti berinteraksi dengan baik terhadap l…

Number

Ada dua bentuk number: 1.Cardinal number = angka biasa 2.Ordinal number  = angka bertingkat Cardinal number Ordinal number Contoh: O  = zero 1= one 2= two 3= three 4= four 5= five 6= six 7= seven 8= eight 9= nine 10= ten 11